MAN 1 Lotim Sukses Meraih 220 Prestasi di Tahun 2020 - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Senin, 04 Januari 2021

MAN 1 Lotim Sukses Meraih 220 Prestasi di Tahun 2020

OLEH: M NURUL WATHONI

(Catatan Kepala MAN 1 Lombok Timur atas prestasi yang diraih oleh santri, guru,dan lembaga sejak bulan Januari sampai Desember 2020)

Kakanwil Kemenag NTB, DR KH M. Zaidi Abdad, MA (kiri)
bersama Kepala MAN 1 Lotim, M Nurul Wathoni, M.Pd

Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur adalah salah satu lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Kemenag NTB yang terletak di Jalan Hasanuddin Nomor 02 Selong Lombok Timur NTB. Walaupun madrasah ini terletak di kabupaten namun dalam 3 tahun terakhir, torehan prestasi yang diraihnya seakan tiada henti dan selalu menghiasi halaman berita media cetak maupun media online. 


Setiap tahun lebih dari 180 piala dapat diraih bahkan setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan termasuk pada tahun 2020 kemarin ditengah masa pandemi covid-19, prestasi madrasah yang punya visi "Unggul-Cerdas-Berakhlakhul Karimah" ini sukses mengumpulkan juara 220 prestasi yang mampu direbut siswa dan para gurunya mulai dari Januari sampai dengan 31 Desember 2020.


Torehan prestasi sejumlah 220 ini terbagi menjadi 150 juara dalam bidang akademik dan non akademik berskala nasional, 58  juara dalam bidang akademik dan non akademik  berskala kabupaten dan provinsi serta 2 juara tingkat Internasional. 


Torehan prestasi MAN 1 Lotim ini tidak hanya diraih oleh para siswa, akan tetapi prestasi mentereng juga diraih oleh para guru sejumlah 10 juara tinggkat nasional yang bisa dipersembahkan di tempat kerjanya.


Tidak hanya itu, pada akhir tahun 2020 kemarin civitas MAN 1 Lotim sukses melaunching 2 Buku Prestasi Siswa dan Guru yakni buku pertama diberi judul “Secercah Pikiran Anak Madrasah Bagi Negeri Sebuah  Bunga Rampai” yang merupakan buku yang berisi kumpulan kartya tulis ilmiah siswa dan guru yang telah meraih juara pada event lomba tingkat provinsi dan nasional.


Buku pertama, kata sambutan dan pengantarnya oleh Dirjen Pendidikan Islam Dr HM Ali Ramdani, MT dan Kakanwil Kemenag NTB Dr KH Zaidi Abdad, MA. Buku kedua berjudul “Goresan Pena Santri Sebuah Antalogi Puisi dan Cerpen” yang berisi kumpulan  cerpen dan puisi karya siswa yang telah meraih juara termasuk juara nasional yang diramu menjadi satu kesatuan yang menarik untuk publik nikmati. 


Kedua buku tersebut telah ber-ISBN dan ini menjadi dokumentasi prestasi dan pemikiran siswa dan guru MAN 1 Lotim yang ikut serta berkontribusi bagi kemajuan negara, agama, dan bangsa.


Torehan prestasi yang mentereng dan komplit ini mampu mengantarkan madrasah ini menjadi madrasah Riset Nasional sejak tahun 2018, 2019 dan kembali pada tahun 2020 ini ditetapkan lagi sebagai Madrasah Riset Nasional melalui SK Dirjen Pendis Nomor :6757 Tahun 2020 tentang Penetapan Madrasah Penyelenggara Riset Tahun 2020.


Penetapan ini tentu akan menjadi pemacu dan beban bagi civitas MAN 1 Lotim untuk terus meningkatkan prestasi dan  budaya ilmiah dalam proses pembelajaran sehingga prestasi akan terus terukir secara terus menerus.


Prestasi sepanjang tahun 2020 yang paling menonjol dan spektakuler adalah pada bidang akademik yakni pada lomba olimpiade ekonomi, geografi dan kimia karena telah mampu meraih serta meloloskan siswanya pada juara 1 olimpiade ekonomi APBN Kemenkeu-KSM-KSM, juara 1 LKTI geografi di UNESA Suarabaya, Juara KSN dan KSM bidang Kimia. 


Prestasi berikutnya dalam bidang akademik yang juga fantastis yakni lomba karya tulis ilmiah (LKTI) dan lomba Internet of Thing (IOT) di ITS Surabaya Jatim. Tiga tim siswa sukses menjadi finalis dan meraih juara 3 LKTI siswa nasional dengan karya “alat pendeteksi kandungan plastik pada hasil tangkapan nelayan”, kemudian juga terdapat 10 prestasi dalam bidang robotik nasional baik yang diselenggarakan oleh PTN dan Kementerian Agama Pusat. 


Bidang akademik lain yang diraih oleh para guru adalah presasti yang diraih oleh guru sosiologi yang sukses meraih juara 3 nasional bidang LKTI di UNESA, juara harapan pada lomba inovasi pembelajaran pada ASTRA Internasional kerjasama Kemendikbud RI. 


Prestasi guru berikutnya adalah juara 1 lomba video inovasi pemebelajaran kimia di Universitas Muhamadiyah Semarang, termasuk juara olimpiade guru mata pelajaran bidang matematika tingkat nasional yang diraih oleh guru matematika dan guru ekonomi dengan sukses meraih medali perak dan perunggu.  


Selanjutnya prestasi siswa bidang non akademik juga tidak kalah membanggakan yakni Tim Pramuka MAN 1 Lotim meraih 4 medali pada kejuaraan pramuka tingkat nasional di UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Malang pada berbagai bidang lomba.


Prestasi lainnya adalah juara 1 penulisan cerpen tingkat nasional, juara 1 lomba karya cipta puisi tingkat nasional, juara nasyid tingkat nasional, juara pavorit pada lomba nyanyi tingkat nasional yang diselenggarakan Kemenpora. Juara Umum pada lomba Film Dokumenter yang diselenggarakan UNECEF, Juara 1 lomba video dan fotografi dengan tema "Belajar Dari Rumah" yang diselenggarakan UNY Yogyakarta.


Pada kejuaraan musikalisasi tingkat Nasional yang diselenggarakan Balai Bahasa NTB dan Nasional, Tim siswa MAN 1 Lotim sukses meraih juara 2 dan wakili NTB ke Balai Pusat Bahasa Jakarta. Ajang atau even lainnya yang mendapat juara di tingkat Nasional dan Provinsi didominasi oleh lomba tilawah, tahfiz, Paskibra, PMR, Olimpiade Sosiologi, KSM, KIR, Bela diri seperti boxer, silat, taekwondo, karate dst. 


Torehan prestasi yang juga tidak kalah hebohnya adalah diraihnya medali perunggu tingkat Internasional pada Lomba Marchingband AVC (Asian Virtual Contes) pada kategori Solo brass trombone class yang dipersembahkan pada 31 Desember 2020 yang sekaligus menjadi prestasi penutup tahun 2020. 


Output atau alumni MAN 1 Lotim  tersebar di perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh pelosok tanah air dan nancanegara. Antara lain: UI, UPI, ITB, UGM, UNHAS, UNBRAW, UNAIR, UNDIP, UNY, UDAYANA, President University, UM, dan Universitas Mataram dan lainnya, bahkan pada tahun 2020 kemarin siswa MAN 1 Lotim yang lulus SNMPTN di UNRAM lebih dari 100 siswa sehingga muncul selentingan masyarakat dengan nada guyonan, "kok anak MAN 1 Lotim pindah sekolah ke UNRAM". 


Para alumni MAN 1 Lotim yang tamat tahun 2020 kemarin juga ada yang lulus IPDN, STAN, STSN, STPN, bahkan beberapa siswa yang lulus menjadi polisi melalui jalur prestasi bukan jalur reguler. Ini semua menjadi bukti nyata telah tercapainya visi misi Kementerian Agama RI untuk mewujudkan "Madrasah Hebat Bermatabat" dari ujung timur Indonesia yakni MAN 1 Lombok Timur NTB. 


Semua prestasi ini diraih atas inovasi yang seakan tiada henti dilakukan. Bukan hanya siswa yang terus didorong untuk berprestasi tapi juga guru dan segenap warga madrasah termasuk para guru yang ada. Dari madrasah setiap siswa dan guru berprestasi diberikan reward atau penghargaan. 


Slogan Kementerian Agama yakni bersabar tanpa batas-berjuang tiada henti dilaksanakan dalam rangka visi besar Kementerian Agama dalam bidang pendididkan yakni mewujudkan ‘Madrasah Hebat Bermartabat”.  Imbas jangka pendek dari capaian prestasi madrasah ini tentu akan mampu berubah persepesi publik dan tentu akan mengubah pandangan bahwa madrasah bukan lagi sebagai lembaga pendidikan kelas dua, lembaga pendidikan yang hanya menguasai ilmu agama saja. Tetapi saat ini, penguasaan IPTEK dan IMTAQ siswa madrasah sudah pada porsi yang berimbang dan mampu melewati prestasi sekolah lainnya. 


Hal ini dapat dibuktikan dengan torehan prestasi yang lebih dari 200 pada masa 1 tahun termasuk lulusan siswa madrasah sudah diterima di PTN yang berkelas, bahkan sudah banyak yang masuk di lembaga pendidikan kedinasan seperti STAN, STSN, kepolisian, pertanahan dan lainnya. Bahkan saat ini MAN 1 Lotim telah siap mengisi revolusi industri 4.0 dengan prestasi. Bukan hanya tingkat nasional, tetapi regional dan internasional. MAN 1 Lotim siap "menguasai dan menggengam dunia". 


Selain itu, prestasi MAN 1 Lotim tidak melulu menyangkut prestasi siswa dan guru, tapi dalam tata kelola keuangan negara, MAN 1 Lotim selama 3 tahun berturut-turut meraih peringkat satu dan dua dari penilaian Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI sebagai Pelaksana Anggaran Terbaik dengan komponen penilaian sejumlah 13 item. 


Melalui penilaian yang ini tentu menjadi prestasi yang luar biasa bagi MAN 1 Lotim karena pada aspek tata kelola dan manajemen pelaksanaan anggaran negara di MAN 1 Lotim telah mencapai prestasi yang maksimal.


Pengakuan akan torehan prestasi MAN 1 Lotim dalam berbagai bidang ini telah datang dari Kakanwil Kemenag NTB yakni DR KH M. Zaidi Abdad, MA menyampaikab bahwa "kami merasa bangga dan patut diapresiasi, hanya saja apresiasi ini tentu tidak bisa perorangan karena demikain banyak, jadi akan kami pikirkan apa bentuknya yang tepat untuk memberikan apresiasi pada mereka, apa lembaganya atau pada Kamadnya, cuma tidak sekarang".


"Mohon doanya saja semoga terealisasi tahun 2021 ini. Dan capaian prestasi MAN 1 Lotim ini hendaknya memacu madrasah lainnya di NTB untuk berbuat yang sama karena alasannya sederhana kenapa MAN 1 Lotim bisa, sementara yang lain masih belum padahal kemampuan SDM dan daya dukung anggaran serta dukungan kami dari Kakanwil Kemenag NTB dan Kemenag Kabupaten Kota pada semua madrasah sama?"


"Karena itu, saya berharap tahun 2021 ini menjadi tahun bagi bangkitnya semua prestasi madrasah di NTB karena kita semua berkewajiban untuk mewujudkan visi kementerian agama bidang pendidikan yakni Madrasah Hebat Bermartabat".


Kakanmenag Lotim H Sirojuddin, MM saat dimintai pandangannya tentang capaian prestasi MAN 1 Lotim ini, mengatakan, "saya sudah kehabisan kata untuk torehan prestasi yang dicapai MAN 1 Lotim ini, karena prestasinya mengalir tiap minggu sepanjang tahun 2020. Ini menjadi bukti kalau tata kelola madrasah yang baik akan mampu menghasil output yang penuh dengan prestasi".