Kadis Pariwisata Lotim: Pembangunan "Mini Ancol" Bakal Dilanjutkan - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Jumat, 02 Oktober 2020

Kadis Pariwisata Lotim: Pembangunan "Mini Ancol" Bakal Dilanjutkan

OkeNews.net - Semenjak dinobatkan menjadi destinasi wisata halal dan ditetapkan sebagai tempat perhelatan MotoGP kelas dunia, masyarakat bersama pemerintah semakin giat mengembangkan bahkan membuka tempat-tempat wisata baru.



Tidak mau ketinggalan dengan daerah lain, Pemerintah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat bakal membangun dan "menyulap" kawasan pantai Labuhan Haji menjadi "mini ancol" sebagai destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan masyarakat yang doyan alias gemar berwisata.


Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Lombok Timur, Dr. H. Mugni mengatakan, lokasi pembangunan mini ancol di sekitar pantai Labuhan Haji seluas 7,5 hektar itu akan dibangun wahana wisata yang akan menyerap anggaran sebesar Rp47 miliar dan direncakan selesai dalam 1 tahun.


"Kita tunggu keseriusan PT (Perusahan) selama satu tahun ini, kalau tidak ada aktivitas selama itu berarti kita bisa batalkan," ujar Mugni pada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (02/10/2020).


Disebutkan, dalam pembangunan dan pengelolaan taman wisata Labuhan Haji ini akan melibatkan perusahaan asal Jakarta yang sudah menandatangani memorandum of understanding (MoU) yakni antara bupati dan direktur utama perusahaan pada tanggal 11 September 2020 lalu.


Lebih lanjut disampaikan, saat ini pemerintah terus membangun di sekitar lokasi pembangunan taman wisata dengan tujuan memperindah dan membuat wisatawan semakin betah. "Saat ini kita sudah menanam bunga di samping tembok, penataan jalan, dan pemasangan paving blok di dalam kawasan," paparnya.


Ia menyebutkan, konsep desain mini ancol itu dikombinasi antara desain modern namun tetap mempertahankan konsep tradisional Sasak termasuk konsep wisata baharinya. Ia juga menegaskan, struktur bangunan khas Sasak bakal diskusikan lebih lanjut tentang konsep kearifan lokal Sasak.


Diharapkan dengan pembangunan Mini Ancol ini akan mengurangi pengangguran dan menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan pantai yang selama ini masih saja belum maksimal.


"Nanti kalau ada "mini ancol" itu pedagang kita semakin banyak, baik di dalam arena maupun di luar sehingga bisa meningkatkan pendapatannya," pungkasnya.