Keren...! 14 Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara Pada Lomba Liga Olimpiade 2021 - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Rabu, 24 Maret 2021

Keren...! 14 Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara Pada Lomba Liga Olimpiade 2021

OkeNews.net - Sebanyak 14 siswa MAN 1 Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat meraih juara pada Liga Olimpiade Pelajar ke-24 yang diselenggarakan Club Olimpiade bekerja sama dengan FMIPA Universitas Sumatra Utara Medan.

Pose bersama antara kepala madrasah, guru pembina, dan siswa-siswa usai diberikan piagam penghargaan 

Lomba olimpiade yang diselenggarakan 20 Maret 2021 yang diikuti 14 siswa itu terdiri atas club fisika, kimia, matematika, ekonomi, geograpi, sejarah, dan sosiologi. Adapun pemenang lomba diumumkan pada 23 Maret 2021. 


Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni mengatakan, prestasi yang diraih oleh 14 siswa ini merupakan kebangaan bagi madrasah karena prestasi bagi siswa dan guru adalah sebuah kebutuhan. Dengan prestasi itu bisa menjadi bentuk pengabdian terbaik bagi diri, orang tua, dan almamater. 


"Ini prestasi yang membanggakan. Kita semua memberikan apresiasi pada tim siswa dan pembina atas capaian prestasi yang diraih. Dan sebagai bentuk komitmen lembaga serta pimpinan tetap menjaga semangat dan ikhtiar mereka agar tetap berprestasi walaupun di masa pandemi," ungkap Watoni, Rabu (24/03/2021).


Dipaparkan, mengikuti dan meraih juara pada berbagai event dan bidang merupakan salah satu sarana untuk mengetahui hasil capaian dari pembinaan kegiatan ektra akademik maupun non akademik pada madrasah.


"Selain itu, dengan mengikuti lomba merupakan bagian dari upaya untuk menguji kematangan serta kemandirian siswa dalam menghadapi kompetisi yang penuh keterbukaan dan obyektif," papar kepala madrasah visioner itu. 


Tidak kalah pentingnya, kata Kepala MAN 1 Lotim didampingi para pembina prestasi saat penyerahan piagam dan hadiah dari sekolah pada juara, bahwa dengan lomba pihak madrasah menjadi tahu capaian siswa dan guru serta pihak madrasah dapat mengetahui pada sisi mana yang harus dibenahi. 


"Itulah yang menjadi konsep dan gerak langkah yang diikhtiarkan oleh MAN 1 Lotim sehingga  terus mendorong siswanya untuk berkompetisi dalam semua bidang termasuk mengikuti lomba olimpiade mapel serta lomba-lomba lainnya," paparnya.


Disisi lain, prestasi bukan hanya menyangkut kemampuan meraih juara tapi semua kemampuan dan karakter dalam menghadapi semua masalah sehingga bisa teratasi serta punya dampak baik bagi orang lain maka itu juga sebuah prestasi. 


"Itulah yang berusaha kita tanamkan di MAN 1 Lotim sehingga berkompetisi bukan hanya untuk merebut juara tapi bagaimana siswa para guru bisa tetap semangat di saat mendapat hasil yang tidak sesuai harapan maupun tetap bisa bersikap rendah hati saat meraih juara," imbuhnya. 


H Sirojuddin, MM selaku Kakanmenag Lotim mengatakan, prestasi siswa MAN 1 Lotim seakan tidak nengenal lelah dan waktu. Siswa-siswi terus meraih prestasi dalam berbagai ragam lomba baik akademik maupun non akademik sebagai bentuk lembuktian MAN 1 Lotim sebagai madrasah hebat bermartabat.


"Capaian prestasi dalam berbagai bidang yamg sukses direbut secara terus menerus oleh MAN 1 Lotim hendaknya dapat menjadi contoh bagi madrasah yang lain di Lotim terutama dari sisi pembinaan dan totalitas dukungan pimpinan madrasah dalam mendukung dan mengawal program pembinaan prestasi. 


"Kamad harus peduli dan punya banyak inisiatif dan terobosan untuk mengembangkan madrasah hebat bermartabat terlebih saat ini anggaran BOS bisa dimanfaatkan untuk kegiatan prestasi karena itu manfaatkan agar anak didik kita bisa berprestasi," tutup Sirajuddin. 


Berikut ini bidang lomba dan nama siswa yang meraih juara:

  1. Bidang sosiologi, Bidayatul Izzah siswi kelas XI IPS-1 meraih juara 3 dan Sri Rizky A kelas XI IPS-1 meraih juara 10.
  2. Bidang ekonomi, juara diraih oleh Yulida Sri Utami kelas XI IPS-1 juara  2 dan Laela Jasmini kelas XI IPS-3 sukses merebut juara 3.
  3. Bidang geografi, juara diraih oleh Zulza Fitri kelas XI IlS-2  meraih juara 6 dan Siti Syakdiah kelas X IIS-2 meraih juara 10.
  4. Mapel sejarah juara diraih oleh Rindiani Antika kelas XI IPS-2 meraih juara 5 dan Dewi Intan kelas X IPS-2 meraih juara 4. 
  5. Mapel matematika juara direbut oleh Umar Abdullah kelas XI MIIA-4 juara 6 dan  Muh. Farid Abyan kelas XI MIIA-1 meraih juara 10.
  6. Bidang kimia juara dipersembahkan oleh Nur Intan Surya Septiana kelas XI MIIA-1) meraih juara 9 dan Desy Melaniarti jelas X MIIA-3 meraih juara 10.
  7. Bidang fisika juara 1 diraih Yusri Asyifa siswa kelas XI MIA-2 dan peringkat 10  dipersembahkan oleh Amalia Azima jelas X MIA-2.