Hebat...! Zohriani, Siswi MAN 1 Lotim Juara Essai Nasional Bidang PPKN - www.okenews.net

Senin, 21 Februari 2022

Hebat...! Zohriani, Siswi MAN 1 Lotim Juara Essai Nasional Bidang PPKN


Okenews.net
- Zahriani, siswi MAN 1 Lotim kelas XI IPA4 berhasil menyingkirkan puluhan kempetitornya pada lomba essai bidang Pendidikan Kewarganegaraan tingkat  nasional yang diselenggarakan Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Jawa Barat, awal Februari lalu. 

Zahriani berhasil meraih Juara 3 Essai Nasional Bidang PPKN 2022 dengan judul Implementasi Sila ke-5 Pancasila Melalui Gerakan Berdikari Sebagai Upaya Pemanfaatan Dana PKH Di Desa Gelanggang Sakra Timur Lombok Timur. 

"Lomba itu baru diumumkan pada 19 Februari 2022 setelah selesai melakukan presentasi final pada tanggal 18 Februari 2022," ungkap Hujaimah dan Munawir Hadi selaku pembina pelatih study club PPKN MAN 1 Lotim.

Atas kemenangan ini, Zohriani diberikan sertifikat, piala dan uang pembinaan, di samping pihak madrasah juga memberikan tambahan sebagai bentuk apresiasi pada prestasi siswi MAN 1 Lotim ini. 

Presentasi virtual saat finalnya dihadapan dewan juri, Zohriani menyampaikan latar belakang dan isi dari essainya yang membahas implementasi sila ke-5 melalui program berdikari atas pemanfaatan program PKH bagi masyarakat Desa Gelanggang Kecamatan Sakra Timur. 

Menurut Zohriani, konsep keadilan berdasarkan sila ke-5 sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat. Diberikan hak dan kewajiban masing-masing sebagaimana manusia dengan manusia lainnya.

Senada dengan hal tersebut pemerintah sudah mengupayakan kesejahteraan masyarakat salah satunya melalui progam yang disebut PKH. Namun, masyarakat belum mampu mengalokasikan dana tersebut dan digunakan hanya sebatas konsumsi.

Dengan adanya gerakan berdikari di Desa Gelanggang yang melibatkan masyarakat membuka peluang usaha melalui dana PKH, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat bekerja sama karang taruna dan pemerintah setempat.

Keuntungan yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk mengadakan pasar raya murah dengan target masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang belum menerima manfaat dari dana PKH.

"Sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan keadilan sebagaimana amanat pancasila yaitu sila ke-5," papar siswi mungil asal Gelanggan Sakra Timur ini penuh percaya diri. 

Sementara itu, kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan rasa bangganya atas capaian prestasi siswinya ini. Alhamdulillah capaian prestasi yang patut kita apresiasi," paparnya.

Atas nama pimpinan madrasah, ia mengucapkan terima kasih atas semangat siswa dan bimbingan pembina yang rutin dan konsisten sehingga para siswa sukses meraih prestasi.

"Insyaalloh, dukungan madrasah tentu akan maksimal dalam memfasilitasi minat bakat siswa termasuk bakat siswa dalam menulis dan seterusnya," tutupnya.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments