Hebat...! Dua Siswa MAN 1 Lotim Rebut Juara Olimpiade Matematika Unham - www.okenews.net

Minggu, 27 Maret 2022

Hebat...! Dua Siswa MAN 1 Lotim Rebut Juara Olimpiade Matematika Unham


Okenews.net
- Hebat... Dua siswa MAN 1 Lotim sukses meraih juara pada Olimpiade Matematika Hamzanwadi Science Competition yang digelar Fakultas MIPA Universitas Hamzanwadi (Unham), Sabtu 26 Maret 2022.

"Juara 1 diraih Umar Abdullah siswa kelas XII IPA MAN 1 Lotim, Juara  2 diraih siswa SMAN Selong dan Juara 3 diraih Rahma Vashi  Geohan Zon siswi XI IPA MAN 1 Lotim," ungkap Ziad Aenullah selaku Pembina Study Club MAN 1 Lotim.

Menurutnya, prestasi yang diraih 2 siswa itu dampak dari ketekunan mereka dalam menggembleng diri dalam penguasaan matematika melalui kegiatan ekstrakurikuler study club matematika.

Baca juga: Unham Gelar Hamzanwadi Science Comperition

"Selama ini, kita fungsikan ekstakurikuler sebagai wadah untuk penggemblengan siswa yang punya talenta dan semangat untuk meraih prestasi bidang matematika," tuturnya.

Kalau hanya lewat pengajaran di dalam kelas tentu memiliki banyak keterbatasan sehingga butuh pendalaman penguasaan teori, konsep dan praktik bisa lebih luas melalui pembinaan ektrakurikuler study club matematika.

Kegiatan ini berjalan baik atas dukung penuh pihak madrasah.  "Dan alhamdulillah mereka berdua  dapat meraih juara dan dapat bersaing dengan adik_adik siswa SMA dan MA se-NTB sebagai peserta olimpiade HSC 2022," ungkap Ziad. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni mengatakan, prestasi bidang studi matematika ini menjadi bukti nyata akan kemampuan siswa madrasah semakin baik, seiring dengan komitmen guru pembina dan semangat siswa serta dukungan penuh madrasah. 

Langkah ini sebagai upaya peningkatan penguasaan bidang matematika pada siswa dan prestasi melalui pembinaan ekstrakurikuler study club matematika. 

"Alhamdulillah, 2 siswa kami ini bisa sukses meraih juara dan berhasil membawa piala, sertifikat, dan dana pembinaan," ungkap kepala madrasah kelahiran Desa Rensing itu. 

Ia berharap capaian prestasi bidang ini menjadi penyemangat untuk semakin bergairahnya kegiatan pembinaan pada 40-an ekstrakurikuler yang ada di MAN 1 Lotim yang selama ini berjalan dengan baik. 

"Semoga prestasi ini kedepan semakin lebih baik dan insyaalloh dari pihak madrasah juga secara konsisten memberikan apresiasi sekadarnya untuk setiap capaian prestasi yang diraih siswa," sambungnya.

Dipaparkan, di tengah pandemi seperti ini semua sekolah tentu mengalami banyak keterbatasan pendanaan, tapi pihaknya terus maju dan bergerak, belajar dan merebut prestasi. 

"Karena prestasi adalah kebutuhan anak madrasah untuk bisa bersaing dalam mengambil peran dalam persaingan yang sangat ketat dimasa datang," tandasnya.

Kakanmenag Lotim H Sirojuddin mrngapresiasi capaian dan perkembangan prestasi siswa madrasah di Lotim saat ini termasuk yang luar biasa dan progresif adalah MAN 1 Lotim.

Ia berharap capaian prestasi ini juga memacu madrasah lainnya untuk bersama-sama bersaing dalam ikhtiar merebut prestasi. Anak madrasah harus unggul untuk bisa menundukkan masa depan. 

"Oleh karena itu kualitas sumberdaya manusia harus menjadi fokus dan itu bisa disiapkan lebih dini melalui pembinaan prestasi," harap Sirojuddin. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments