Keren...! MAN 1 Lotim Raih Predikat Terbaik Pelaksanaan Anggaran - www.okenews.net

Rabu, 09 Maret 2022

Keren...! MAN 1 Lotim Raih Predikat Terbaik Pelaksanaan Anggaran


Okenews.net
- Prestasi hebat MAN 1 Lotim tidak hanya pada prestasi siswa dan guru saja. Namun pelaksanaan pengelolaan anggaran keuangan negara mampu menunjukkan diri sebagai madarasah terbaik  ke-3 dari hasil penilaian KPPN Selong pada 30-an Satker lingkup kerja wilayah KPPN Selong. 

"Alhamdulillah MAN 1 Lotim mampu meraih terbaik 3  dalam penilaian pelaksanaan anggaran tahun 2021 yang diberikan KPPN  Selong pada Rabu 9 Maret 2022. Penghargaan diserahkan secara langsung Kepala KPPN Selong Ibu Yuspartinah," kata Kepala MAN 1 Lotim, M Nurul Wathoni. 

Penilaian KPPN Selong  ini  kata Wathan dilakukan per 31 Desember 2021. Namun baru diacarakan pada Rabu 9 Maret 2022 karena berbagai kendala karena sikon covid dan lain-lain. 

Menurut Wathoni, penilaian KPPN ini mencakup 13 komponen penilaian sehingga meraih penghargaan pelaksanaan anggaran terbaik ini. 

Antara lain serapan anggaran, laporan kegiatan, ketepatan waktu, pengelolaan UP, data kontrak, dispensasi SPM, perencanaan kas, pagu minus, capaian output, retur SP2D, halaman III DIPA, rekon LPJ.

“Dari 13 komponen tersebut, MAN 1 Lotim memperoleh nilai tertinggi dengan total nilai 97-an,” ungkap kepala madrasah yang telah banyak menunjukkan prestasi MAN 1 Lotim itu.

Wathoni menyampikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga MAN 1 Lotim mampu meraih penilaian terbaik. Mulai dari Kemenag NTB, Kemenag Lotim, Kasubag Kemenag Lotim dan teman-teman yang telah banyak memberikan masukan dalam tata kelola, realisasi anggaran, dan seterusnya. 

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kinerja tim anggaran MAN 1 Lotim mulai KTU, bendahara, para operator serta tim pengelola dan prestasi madrasah. 

Termasuk para pengguna anggaran lainnya yang sudah optimal bekerja dengan semangat tinggi dan kecermatan, serta tanggungjawab dalam penggunaan anggaran sehingga kerja keras semua pihak membuahkan hasil yang luar biasa.

Perlu diketahui lanjutnya, MAN 1 Lotim tidak hanya mengejar prestasi siswa dan guru saja. Namun terus berikhtiar maksimal dalam melakukan tata kelola anggaran agar sesuai target untuk mencapai pelayanan prima dalam semua aspek. 

“Kekurangan yang masih ada harus terus dibenahi agar ke depan pelayanan semakin baik,” tegas Wathoni.

Terpisah, Kakanmenag Lotim H Sirajuddin mengatakan, prestasi MAN 1 Lotim dalam realisasi pelaksanaan anggaran terbaik  3 se-Lotim tidaklah mudah. Apalagi dalam sikon wabah saat ini. 

Ia menyebutkan, semua itu butuh kemampuan, komitmen, dan kepemimpinan dalam tata kelola anggaran negara dari para pihak yang terkait dalam satuan kerja sehingga proses realisasi dengan dokumen yang lengkap dalam terwujud dengan baik. 

“Ini patut kita apresiasi dan menjadi contoh bagi Satker lain dalam memaksimalkan dan pemanfaatan sekaligus LPJ pada realisasi anggaran,” ungkapnya.

H Sirojuddin mengaku bangga atas prestasi Satker MAN 1 Lotim dalam realisasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 kemarin. 

Ia berharap semua Satker di Kemenag Lotim dapat mengikuti prestasi MAN 1 Lotim ini untuk mengelola anggaran negara yang ada pada Satker dengan baik.

“Semua anggaran negara harus terealisasi secara terencana, cermat, terukur, dengan LPJ yang lengkap,  dan itu yang terus dilakukan MAN 1 Lotim. Dan kita berharap di tahun 2022 ini prestasi satker-satker lingkup Kemenag Lotim bisa lebih baik," harapnya.

Karena itu perlu komitmen dan kesungguhan KPA dan Tim Keuangan dan pihak-pihak terkait di dalam satker bisa bekerja lebih telaten, cepat dan dapat bekerjasama serta berkoordinasi dengan KPPN dan pihak lainnya. Sehingga pelaksanaan angaran oleh satker bisa lebih baik dan mendapatkan penilaian terbaik. 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments