Pengelola Sekber SPAB Lombok Timur Dikukuhkan - www.okenews.net

Rabu, 13 April 2022

Pengelola Sekber SPAB Lombok Timur Dikukuhkan

Sekda kukuhkan pengelola Sekber SPAB Lotim

Okenews.net
- Pengelola Sekretariat Bersama (Sekber) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Kabupaten Lombok Timur dikukuhkan, Rabu (13/04/2022).

Guna mewujudkan hal itu maka dibutuhkan komunikasi, penguatan kapasitas, dan koordinasi sebagai langkah penting dan antisipatif.

Menurutnya, bencana memang tidak pernah diharapkan, akan tetapi harus diantisipasi sedini mungkin, karena hanya yang mampu mengantisipasi yang akan selamat ketika bencana terjadi.

SPAB yang lahir pada masa pandemi covid-19 tidak hanya menyangkut bencana non alam, melainkan penanganan bencana lain di masyarakat.

Lombok Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana lengkap, mulai dari banjir, gempa bumi, kebakaran, hingga angin puting beliung, meski indeks kebencanaan masuk kategori sedang (128,05).

Ketua Sekretariat Bersama SPAB Provinsi NTB Yuda Purwaka menyebut keberadaan Sekber SPAB sebagai upaya menyiapkan generasi yang siap selamat. 

Ia menegaskan Sekber SPAB sebagai implementasi Permendikbud No.33 tahun 2019 yang dapat berkegiatan dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Sekber SPAB melibatkan berbagai OPD, organisasi Wanita, Media, Forum Anak, Perguruan Tinggi, PMI, SAR, ACT, dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai fasilitator.

Acara ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan Dokumen Rekomendasi Kebijakan Penanganan Covid-19 di Sektor Pendidikan Kabupaten Lombok Timur.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments