Keren, 368 Prestasi MAN 1 Lotim Tahun 2022 Terbit jadi Buku - www.okenews.net

Selasa, 31 Januari 2023

Keren, 368 Prestasi MAN 1 Lotim Tahun 2022 Terbit jadi Buku

Penyerahan buku kepada Kakanwil Kemenag NTB (kiri)
Okenews.net - Keren, MAN 1 Lombok Timur di awal tahun 2023 ini meluncurkan buku ke-9. Buku ini merupakan buku reportase prestasi MAN 1 Lotim yang berisi rekam jejak  prestasi guru dan siswa MAN 1 Lotim selama tahun 2022 dalam berbagai lomba. 

"Mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional yang bersumber dari liputan media tentang prestasi MAN 1 Lotim selama satu tahun," papar kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni, Selasa (31/01/2023).

Menariknya, selain memuat rekam jejak prestasi guru dan siswa sejumlah 368 prestasi yang ditulis runut, buku ini berisi tentang strategi pencapaian prestasi di MAN 1 Lotim.

Di antaranya, strategi memacu siswa untuk berprestasi, kesiapan madrasah dengan 40-an ektrakurikuler dan kewajiban untuk berkompetisi, serta reward bagi setiap capaian prestasi melalui program tebus prestasi.

Buku yang berjudul Rekam Jejak Prestasi Mansa Lotim itu berjumlah 400-an halaman dengan kata sambutan diberikan oleh Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni Aziz, dan Kakanmenag Lotim H Sirojuddin. 

Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni mengapresiasi terbitnya buku ke-9 itu. Menurutnya penerbitan buku ini sangat bagus dalam upaya menumbuhkembangkan minat bakat siswa dalam bidang literasi.

"Semua program MAN 1 Lotim ini perlu dijadikan contoh," pesan Zamroni Aziz saat menerima buku ini di ruang kakanwil Kemenag NTB Jalan Udayana Mataram, Senin, 30 Januari 2023.  

Menurutnya, siswa madrasah harus terus didorong dan difasilitasi dalam memperkuat literasi dan daya nalarnya. Namun pemikiran dan prestasinya harus itu juga harus didokumentasikan dalam bentuk buku atau lainnya.

Selaku Kakanwil Kemenag NTB, ia sangat mengapresiasi komitmen dan konsistensi MAN 1 Lotim dalam menerbitkan buku berisi karya ilmiah siswa bersama guru, dan buku reportase prestasi ini menjadi pembuka prestasi awal tahun 2023.

"Ini hebat dan tentu harus menjadi inspirasi bagi madrasah lainnya, karena mewujudkan madrasah mandiri berprestasi harus juga bisa memfasilitasi minat bakat siswa termasuk bakat menulis," ungkapnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments