DPRD Lombok Timur Bahas APBD Perubahan Pada Akhir Jabatan Bupati Lombok Timur - www.okenews.net

Rabu, 20 September 2023

DPRD Lombok Timur Bahas APBD Perubahan Pada Akhir Jabatan Bupati Lombok Timur

 

Okenews.net-Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi pada Rapat paripurna terakhir yang diikuti pasca masya jabatanya yang akan berakhir, menyebut Rapat Paripurna yang diikutinya membahas terkait penyempurnaan dari APBD induk tahun 2023. Berdasarkan regulasi terbaru yang berlaku dilapangan


"Insyaallah ini merupakan rapat paripurna terakhir yang saya ikuti, dikarnakan masa jabatan saya yang akan berakhir tanggal 26 September mendatang," ucapnya disela rapat paripura DPRD Lotim. Selasa (19/9/2023).


Ia juga menyayangkan rapat paripurna yang selalu molor dari waktu jeda yang disepakati.


"Otomatis nanti yang bisa menjawab, melaksanakan dan mengahadiri paripurna terakhir itu adalah Pejabat Bupati Lombok Timur yang ditunjuk," Sambungnya.


Namun Ia menegaskan dirinya bisa saja menjawab pertanyaan yang diajukan padanya secara langsung selama itu tidak berkaitan dengan data.


Padahal sesungguhnya yang diinginkan itu adalah jawaban secara substansi untuk menyelesaikan masalah, Namun demikian jawab yang diberikan itu secara garis besarnya saja, karena yang akan menjawab secara utuh nantinya itu adalah kepala OPD. 


Kenapa target PAD-nya naik 200 miliar, apa usahanya, selama ini apa saja yang dihasilkan, Kenapa menargetkan lebih dari 200 miliar. Apakah target itu sekedar untuk memenuhi APBD.


Terkait dengan APBD perubahan diakhir masa jabatannya itu, Bupati Sukiman beharapan semua berpulang kepada bagaimana berupaya memenuhi hajat hidup masyarakat. Dengan demikan tambahan anggaran yang diberikan ke setiap OPD itu juga bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan.


Ia juga mencontoh dalam APBD induk 2023 anggaran di BPBD yang relatif kecil tetapi dalam APBD perubahan ditambah, begitupun dengan ketahan pangan dulunya relatif kecil sekarang agak besar.


"Itu semua supaya bisa melaksanakan oprasi pasar beras demi sejahtranya masyrakat dalam situasi sulit saat ini." terangnya.


Selama masa jabatanya juga ia menyebut sebagian dari harapan masytakat telah di penuhui walaupun masih ada beberapa yang belum terlaksana dengan baik, seperti jalan sebanyak 82 persen sudah di hotmix, tapi masih ada 18 persen yang belum. 


"Karena itu saya berharap melalui APBD 2024 yang akan datang, semua yang menjadi harapan masyarakat itu bisa dipenuhi," harapnya.


Sukiman Azmi juga berharap untuk Penjabat Bupati yang baru, agar bisa melanjutkan misi yang belum terselesaikan.


Ia yakin bila yang ditujuk itu tau seluk beluk Lombok Timur, tentu akan melanjutkan visi misinya, karena pejabat itu tau hutang yang belum terbayar, mana jalan yang belum teraspal, dimana masyarakat yang kebutuhan air minumnya belum terpenuhi.


"Tapi jika pejabat yang ditempatkan itu masih belajar untuk memahami seluk beluk itu, tentu kebijakannya akan berbeda," tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments