Teliti Jambu Mete, Siswa MAN 1 Lotim Masuk jadi Finalis Lomba KIR BPTI Jakarta - www.okenews.net

Rabu, 22 November 2023

Teliti Jambu Mete, Siswa MAN 1 Lotim Masuk jadi Finalis Lomba KIR BPTI Jakarta

Okenews.net - Pemanfaatan buah jambu mete (Anacardium Ocidentale) sebagai bioetanol guna mengatasi ketergantungan bahan bakar fosil di Indonesia merupakan judul karya ilmiah dua siswa MAN 1 Lotim yang berhasil masuk final bersama sekolah lainnya di Indonesia.

Pembina KIR MAN 1 Lotim Bohari Muslim mengatakan presentasi finalnya akan dilaksanakan pada Jumat sampai Ahad (25 - 27 Nopember 2023 di Gedung Badan Pengembanfan Talenta Indonesia {BPTI) Jakarta.

"Kedua siswa MAN 1 Lotim yang berhasil menjadi finalis yakni Fatina Nur Khafizha siswa kelas XII IPA.2 dan M Siddik Al Burhan Siswa kelas XI Agama. Kedua siswa ini berhasil menyisihkan peserta lainnya dalam seleksi tahap satu dan dua dalam babak penyisihan yang dilakukan secara online," ungkapnya, Rabu (22/11/2023).

Untuk uji laboratorium dari hasil karya ilmiah siswa ini dilakukan di laboratorium Universitas Hamzanwadi Pancor sehingga hasilnya telah lolos uji lab dan siap dipresentasikan dihadapan dewan juri di BPTI Jakarta.

Atas capaian tim siswa MAN 1 Lotim ini kepala MAN 1 Lotim M.Nurul Wathoni menyampakan rasa syukur dan apresiasinya. Kemampuan siswa dalam bidang penelitian ilmiah terus difasilitasi dan didukung penuh pihak madrasah. 

"Kita terus dorong dan fasilitasi minat bakat sisswa dalam penelitian ilmiah termasuk membangun kerjasama dengan lembaga lain yang bisa ikut berkontribusi bagi suksesnya penelitian siswa termasuk saat ini kita minta suport dari Laboratorium," ujarnya.

Menurutnya, Universitas Hamzanwadi diharap bisa mempasilitasi uji lab karya inovasi siswa kami dan lembaga-lembaga terkait lainnya dan untuk lomba ini pihak madrasah memberikan suport secara penuh termasuk pembiayaan untuk mereka ikuti  presentasi pinal di BPTI Jakarta. 

"Insya Alloh, jika kita komitmen untuk pembinaan siswa, pasti selalu ada jalan keluar untuk pembiayaan mereka. Karena itu, kita harus optimis meski banyak tantangan yang harus dilewati," tutup Wathoni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments