Jangger, Antarkan Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara Festival Nasional - www.okenews.net

Senin, 29 April 2024

Jangger, Antarkan Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara Festival Nasional




Okenews.net - Tim jurnalis dan tim Tari MAN 1 Lombok Timur (Lotim) NTB berkolaborasi untuk menghasilkan karya vidio pendek yang berjudul Jangger. 

Vidio pendek "Jangger" ini diikutkan pada lomba Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang berlangsung secara berjenjang mulai tingkat kabupaten, provinsi dan nasional pada tahun 2024. 

Pada lomba Jangger yang merupakan karya siswa MAN 1 Lotim ini diisi oleh: Siti Ananda Khumaero (XI IPS 4),  L. Munajin Romdhoni (XI IPS 1), aqilla Nassa Azizi (XI IPS 2) dan Cast/Pemain Intan Oktavia (XII IPS 4).

Mereka berhasil meraih juara 2 tingkat kabupaten Lombok Timur pada 26  April 2024 dan atas preatasinya ini, pihak madrasah memberikan reward berupa uang tunai melalui program tebus prestasi.

Waka Kesiswaan MAN 1 Lotim H Harmain mengatakan vidio pendek Jangger ini berisikan  kisah tentang Mustiari gadis cantik yang bercita-cita menjadi penari profesional.

Bahkan dalam cerita itu juga menegaskan Mustiari ini memiliki kesungguhan untuk meniti karirnya dibidang seni tari, namun  tidak pernah mendapat apresiasi, malah banyak mendapat cemooh dari lingkungan sekitarnya.

"Dalam terminologi bahasa Sasak, Jangger merupakan sebutan untuk perempuan yang menari dengan lawan jenis di acara hiburan/hajatan di masyarakat suku Sasak," ujar Harmain, Senin (29/04/2024). 

Seiring perkembangan zaman, tarian jangger banyak diubah dan kadang tidak senonoh, hal itu yang menjadikan masyarakat berfikir negatif terhadap perempuan penari. 

Padahal menari adalah kesenian tradisional yang harus dilestarikan, dan Mustiari ingin membuktikan bahwa dengan menari dia bisa mengembangkan bakat minatnya serta bisa meraih prestasi, dan untuk melestarikan budaya ditengah era distrupsi.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments