Pemuda NW Gelar Lomba Menghafal Biografi Pahlawan Nasional - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Rabu, 04 November 2020

Pemuda NW Gelar Lomba Menghafal Biografi Pahlawan Nasional

OkeNews.net – Berbeda dengan tahun lalu, semarak kegiatan menyambut Hari Pahlawan 2020 ini, Pimpinan Daerah Pemuda NW Lotim membuat lomba menghafal biografi pahlawan nasional asal NTB, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang dipusatkan di Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani selama tiga hari (Senin-Rabu 02-04 November 2020).


“Lomba menghafal biografi Maulanasyaikh ini direspon baik, buktinya, tercatat sekitar 64 pelajar, baik negeri maupun swasta ikut ambil bagian dalam lomba yang cukup menantang ini dan pertama kali diadakan di NTB,” kata Ketua Panitia  Irwan saat penutupan dan pembagian hadiah kepada para juara, Rabu (04/11/2020).


Dari 64 peserta, dijaring menjadi 10 besar terbaik yang kembali dilombakan pada babak final untuk mendapat para juara dan kemampuan hafalan. Penilaian juri bukan hanya penguasan materi, tapi berbagai aspek seperti, intonasi, artikulasi, kerapian pakaian maupun ekspresi peserta  menjadi kriteria penilaian.


Lomba menghafal biografi ini dimaksudkan agar para pelajar dan masyarakat lebih mengenal satu-satunya pahlawan pasional asal NTB. Dengan mengenalkan secara rinci kiprah dan perjuangan Maulanasyeikh mengusir penjajah dan membangun bangsa Indonesia di awal kemerdekaan kepada generasi milenial, agar mereka tetap bangga dengan para pejuangnya yang gagah berani.


Ketua Pimpinan Daerah Pemuda NW Lotim, Hasanah Efendi mengatakan, selain lomba menghapal, rangkaian kegiatan Hari Pahlawan yang ini dimulai sejak tanggal 1-10 November 2020 itu antara lain, lari maraton 10 kilometer, lomba menghafal biografi pahlawan nasional, cerdas cermat ke-NW-an, deklamasi puisi kepahlawan, seminar kepahlawanan, gowes, launching buku Proses Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional.


"Puncak kegiatan adalah apel Hari Pahlawan 10 Nopember 2020. Jadi, tahun ini adalah tahun ke 3 kita merayakan Hari Pahlawan secara besar-besaran, sejak dinobatkan Maulanasyeikh sebagai Pahlawan Nasional tahun 2017 lalu,” ungkap pria yang akrab disapa Haspen itu.


Disebutkan, pada lomba menghapal biografi itu dimenagkan Baiq Maulida Utami santri SMA Ulil Albab NW Gegek dengan nilai 279. Juara dua diraih M. Zulhilmi Hidayatullah santri MAK Hamzanwadi II dengan nilai 275, dan juara III diraih Siti Nikmatul Maula santri MTs. Muallimat NW Anjani dengan nilai 273. 


"Masing-masing juara I - III mendapat piala, piagam lenghargaan, dan uang pembinaan, sedangkan juara harapan sampai dengan 10 besar hanya mendapatkan piagam penghargaan," ujar Haspen.