Sambut Menteri Pertahanan, Pos TNI Latih Mantan Milisi Timor Timur - www.okenews.net

Jumat, 09 Juli 2021

Sambut Menteri Pertahanan, Pos TNI Latih Mantan Milisi Timor Timur

Okenews – Tim Kesehatan Kipur II Satgas Pengamanan Perbatasan Sektor Timur dipimpin Serka Sigit Roniwan, A.Md.Kep mengecek kondisi kesehatan mantan milisi Timor Timur untuk Indonesia.



Mereka dicek di rumah mantan Danki eks Milisi Armindo di Dusun Lesuaben Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/7/2021).


Tidak kurang dari 50 orang mantan milisi Timor Timur mengikuti pengecekan kesehatan yang dibagi menjadi 6 kelompok sebelum latihan fisik. 


Latihan yang berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dalam rangka apel gabungan pada Agustus mendatang yang akan dihadiri Kementerian Pertahanan RI di Heliwan.


Dankipur II Kapten Inf Mahfud mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu selain diikuti Danki Eks Milisi juga diikuti oleh Danyon Eks Milisi Paulo Gonsalbes yang merupakan Ketua Organisasi Veteran Halilintar.


Sebelum melaksanakan latihan, kata Mahfud, peserta latihan yang merupakan para senior ini dilakukan pengecekan kesehatan untuk memastikan kondisi terakhir kesehatannya sehingga dalam pelaksanaan latihan tidak ada kendala ataupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


“Terlebih saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga harus betul-betul penerapan protokol kesehatan menjadi skala prioritas dalam setiap kegiatan,” ujarnya.


Ditegaskan, latihan fisik akan diberikan dua kali seminggu yaitu setiap hari Sabtu dan Selasa untuk mengulangi dan mengingatkan kembali PBB dan PPM sesuai dengan ketentuan yang terbaru, sehingga pada saat pelaksanaan apel gabungan mereka mengingat gaya militernya.


Terpisah, Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur Letnan Kolonel Infanteri Bayu Sigit Dwi Untoro mendukung upaya pos dalam menyiapkan pertemuan dengan Kementerian Pertahanan pada Agustus mendatang.


Menurutnya, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pelatihan PBB dan PPM diharapkan mampu menumbuhkan kembali kedisiplinan, kekompakan dan kebersamaan dalam suatu pasukan. Khususnya para senior eks milisi yang ada di Kabupaten Belu.


Bayu Sigit juga berpesan agar dalam pelaksanaan latihannya nanti tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.  Memberikan pemahaman untuk mentaati kebijakan pemerintah tentang protokol kesehatan, sehingga pelaksanaan latihan berjalan aman, lancar dan terbebas Covid-19.  


Sedangkan Danki Eks Milisi Armindo mengucapkan terimakasih atas kepedulian Satgas Pamtas Yonif 742/SWY. Khususnya personel Pos Turiscain terkait rencana apel gabungan pada Agustus mendatang.


“Kami akan hadir sesuai jadwal latihan setiap hari Sabtu dan Selasa dengan tujuan ingin menunjukan yang terbaik saat acara pertemuan tersebut,” tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments