Curah Hujan Diprediksi Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada - www.okenews.net

Sabtu, 27 November 2021

Curah Hujan Diprediksi Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Okenews.net - Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sebagai langkah pencegahan perlu kesiapan seluruh unsur, mulai dari pemerintah, jajaran TNI/Polri, Basarnas, seluruh stakeholder bersama masyarakat.


"Pencegahan lebih efisien dilakukan dari pada menunggu bencana kemudian dilakukan penanganan," ungkap Sekda Lombok Timur HM. Juaini Taofik saat gelar apel siaga bersama penanggulangan bencana, Sabtu (27/11/2021).


Ia mengingatkan, berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada akhir tahun 2021 diperkirakan akan terjadi peningkatan akumulasi curah hujan tinggi yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. 


Hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam bencana seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, dan puting beliung. Bencana tidak pernah diharapkan namun harus diantisipasi.


“Bencana ini semua memang tidak kita harapkan namun kemungkinan besar bisa menerpa. Untuk itu kita semua harus optimis bersama masyarakat mengatasi hal tersebut,” kata Sekda.


Sekda berharap agar seluruh stakeholder terkait tidak hanya fokus pada kesiapsiagaan saja, namun juga fokus melakukan inventarisasi berbagai potensi kerawanan bencana secara menyeluruh. 


Hal itu tidak kalah penting dilakukan agar memudahkan melakukan pemetaan dan antisipasi yang tepat dan terukur. Dengan begitu kekuatan personil dan peralatan dapat diukur serta dipersiapkan sesuai kondisi di lapangan. 


Ia mengajak untuk terus membangun kekompakan dan sinergi dalam pencegahaan maupun penanggulangan bencana di Kabupaten Lombok Timur.


Sementara terkait bencana alam, kepada seluruh peserta apel, Kapolres menambahkan, cuaca ekstrim ini mengharuskan semua hadir di tengah-tengah masyarakat, mengingat aparat adalah manifestasi negara manakala masyarakat membutuhkan.


Usai apel yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur diikuti Polres Lotim, Kodim 1615, dan, PMI, BPBD, serta OPD terkait lainnya itu, Sekda mengecek kelengkapan serta kesiapan peralatan yang dimiliki.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments