Tumbuhkan Karakter Siswa, SMAN 1 Keruak Gelar Spritual Camp - www.okenews.net

Jumat, 25 Februari 2022

Tumbuhkan Karakter Siswa, SMAN 1 Keruak Gelar Spritual Camp


Okenews.net
- Kemajuan teknologi telah menghadirkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat. Seiring dengan itu, paradima pendidikan pun mengalami perubahan seperti sekarang ini dikenal istilah merdeka belajar. 

Di satu sisi, untuk mempertahankan nilai-nilai luhur kehidupan baik dalam tuntunan agama maupun sosial, tentu membutuhkan ikhtiar. Salah satunya melalui jalur pendidikan dengan mempraktikkannya secara langsung oleh peserta didik.

Saat ini, kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB menerapkan Spiritual Camp guna memberikan pembelajaran terhadap siswa-siswi SMA/SMK dalam konteks pemahaman keagamaan 

Guna menerapkan kebijakan itu, SMA Negeri 1 Keruak Kabupaten Lombok Timur menggelar spiritual camp, Jumat malam (25/02/2022) di lapangan sekolah setempat. 

Acara yang dimulai pukul 17.00 itu berlangsung dengan semarak. Tampak semangat siswa-siswi untuk mengikuti rangkaian kegiatan itu dengan penuh khidmat. 

Kepala SMAN 1 Keruak Ahmad Suhamdi mengatakan, kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini sangat bagus guna memberikan pembelajaran dalam membentuk karakter siswa-siswi. 

Program spiritual camping ini merupakan salah satu program unggulan Dinas Dikbud NTB untuk dilakukan oleh seluruh sekolah sekolah SMA dan SMK di bawah naungannya. 

"Tujuan kegiatan ini dihajatkan untuk pembinaan karakter siswa agar menemukan jati dirinya yang sesungguhnya supaya berpikir postif dan melakukan inovasi dan berprestasi," katanya. 

Siswa diharapkan mampu menumbuhkan semangat spiritual yang terus berkelanjutan. Melalui perenungan tengah malam dalam kegiatan keagamaan yang bimbingan para guru. 

"Nanti jam 2 kita akan bangunkan siswa siswi untuk melaksanakan shalat tahajjud, kemudian melakukan renungan malam sekitar pukul 03.00 guna merenung dan munajat kepada Alloh," terangnya. 

Dituturkan, kegiatan ini berlangsung semalam. Selama kegiatan ini, semua santri diajak berdoa, membaca surat yaa siin, tahlilan, shalat berjamaah serta ceramaah keagamaan untuk membangun semangat dan spiritualitas serta optimisme dalam hidup. 

Dikutip dari laman ntbprov.go.id, Kadis Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan menegaskan, spritual camp ini dilakukan untuk memperkuat karakter dan mental siswa SMA/SMK se NTB agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif seperti tawuran, sek bebas, narkoba dan lainnya. 

Sesuai perintah gubernur kata dia, untuk menyibukkan anak-anak sekolah agar tidak bandel, kena narkoba dan sebaginya. Jadi melalui spiritual camp ini mereka bisa mengamalkan hal-hal positif yang didapatkannya melalui spritual camp. 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments