KOPEMU, Antarkan Guru MAN 1 Lotim Juara Nasional - www.okenews.net

Sabtu, 26 Februari 2022

KOPEMU, Antarkan Guru MAN 1 Lotim Juara Nasional


Okenews.net
- Munawir Hadi, salah satu guru PPKN MAN 1 Lotim asal Wanasaba sukses meraih juara 2 lomba video inovasi mengajar PPKN tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Riau pada 2 sampai 25 Februari 2022.

Atas prestasinya ini Munawir Hadi menerima piagam sertifikat dan hadiah dari pihak panitia disamping juga mendapatkan apresiasi dari pihak MAN 1 Lotim yang diserahkan Kepala MAN 1 Lotim pada Sabtu, 26 Pebruari 2022. 

"Dalam inovasi pembelajaran PPKN yang disebut KOPEMU (Komisi Peradilan Semu) ini, siswa diberikan bekal untuk melakukan praktik peradilan yang cakupan materinya menyangkut materi ajar pada PPKN," ungkap Munawir. 

Munawir menegaskan, ide dasar dari inovasi ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa investasi terbesar bangsa ini ada pada pemudanya. Dalam hal ini mulai dari para pelajar, maka dari itu salah satu cara meningkatkan sumber daya pemudanya melalui dunia pendidikan. 

Menurutnya, siswa merupakan pemuda yang berfikir merdeka, kreatif, dan inovatif. Selama ini dunia pendidikan masih memusatkan proses pembelajaran masih sangat kentara dominasi peran guru,  yang pada akhirnya memunculkan pembelajaran satu arah. 

"Maka dari itu kita merubah paradigma tersebut dengan memusatkan proses pembelajaran dengan praktik dan berorientasi pada siswa. Dalam hal ini mereka adalah tokoh utama dalam dunia mereka, berikan kesempatan  kepada mereka untuk merdeka dalam dunia pendidikan, berkreasi," ucapnya. 

Dalam konteks ini, siswa diberikan masalah untuk menyelesaikan, sehingga generasi pelurus bukan hanya generasi penerus melalui suatu metode mengajar berupa  inovasi pembelajaran PPKN pada materi mekanisme mempertahankan hukum di Indonesia melalui lembaga peradilan KOPEMU. 

Atas capaian prestasi ini salah satu guru muda di MAN 1 Lotim ini, Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap guru yang telah menambah catatan jumlah prestasi. 

Karena itu, pihak madrasah terus mendorong dan membuka ruang bagi siswa dan guru pada MAN 1 Lotim, agar secara bersama-sama berproses dalam ikhtiar meningkatkan kualitas dan mengembangkan potensi diri untuk melahirkan prestasi dalam upaya mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. 

"Guru prestasi tentu dapat menjadi motivasi dan tauladan yang tepat dalam mendorong prestasi siswa, karena siswa hebat berprestasi pasti lahir dari peran guru yang berkualitas, berprestasi, dan berdedikasi. 

Capaian prestasi salah satu guru MAN 1 Lotim yang juga dikenal sebagai seorang pengusaha muda bidang peternakan ini juga mendapatkan apreissi dari pihak Kakanmenag Lotim dalam hal ini disampaikan H Sirajuddin. 

Ia menyampaikan rasa bangganya pada prestasi demi prestasi yang diraih siswa dan guru MAN 1 Lotim. Hal ini dapat menjadi tauladan bagi guru-guru madrasah lainnya di Lotim khususnya. Guru juga harus mampu menunjukkan kualitasnya agar bisa dicontoh siswa. 

"Dan ini yang saya lihat dilakukan di MAN 1 Lotim, makanya jangan heran kalau prestasinya siswa mentereng, karena memang dibimbing para guru yang berprestasi dan punya komitmen untuk mewujudkan madrasah mandiri berprestasi, "ungkap Sirojuddin. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments