Dewan Dorong Bonjeruk Terus Bangun Desa Wisata - www.okenews.net

Sabtu, 26 Februari 2022

Dewan Dorong Bonjeruk Terus Bangun Desa Wisata


Okenews.net
- Anggota DPRD Lombok Tengah fraksi Gerindra Muhalip mendorong Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat untuk terus berkarya membangun desa wisata. Terlebih, Desa Bonjeruk  masuk 5 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)  2021 dari Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Itu merupakan salah satu langkah positif untuk terus berkarya dalam membangun desa wisata agar lebih baik lagi ke depannya," katanya, Sabtu (26/2/2022).

Dalam membangun desa wisata, kata Ketua DPC Gerindra itu, pemerintah desa juga harus mendukung Pokdarwis yang ada. "Jangan sampai dibeda-bedakan, mengingat tujuan Pokdarwis untuk membangun dan memajukan desa wisata," ujarnya.

Menurutnya, desa wisata itu harus dibuat seindah dan senyaman mungkin agara tamu merasa senang berkunjung. Tidak hanya itu, lanjut Dewan Dapil Jonggat - Pringgarata itu, keamanan juga harus dijamin dan dijaga demi kemajuan pariwisata. "Untuk mewujudkan itu, tentunya tidak terlepas dari peran semua pihak," jelasnya.

Dia menyarankan, Pemdes Bonjeruk lakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membuat Perdes wisata agar semua stakeholder di desa setempat dapat terakomodir dengan baik.

Pihaknya menilai, Desa Bonjeruk ini masuk dalam kategori desa wisata alam dan budaya. Seperti diketahui, Bonjeruk merupakan salah satu dari perwakilan budaya Lombok Tengah. 

Seni budaya yang masih dipertahankan Bonjeruk yakni wayang kulit, seni baca lontar, memaos takepan dan lainnya. "Bonjeruk ini sudah dikenal kaya akan ragam seni budaya dan unsur kesejarahan yang menarik,” terangnya.

Mantan praktisi pariwisata itu juga menjelaskan, Bonjeruk alamnya masih ada yang alami dan itu harus dipertahankan. Selain itu, kebersihannya juga harus dijaga dan jangan sampai membiarkan sampah-sampah berhamburan.

Kebersihan adalah hal penting dalam sebuah desa wisata lantaran bersih merupakan nilai sapta pesona. Pihaknya optimistis, Desa Bonjeruk bakal menjadi sebuah desa wisata yang maju dan mandiri. 

Tentunya, untuk menjadi desa wisata yang maju dan mandiri harus melibatkan semua pemuda dan masyarakat setempat. Dijelaskan, dengan menampilkan eko tourism, kuliner, seni budaya dan sejarah sebagai branding Desa Bonjeruk, maka suatu desa wisata akan maju dan mandiri.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments