Dewan Minta Harga Sewa Aset Pemerintah Dihitung Ulang - www.okenews.net

Senin, 07 Maret 2022

Dewan Minta Harga Sewa Aset Pemerintah Dihitung Ulang


Okenews.net
- Anggota Komisi II DPRD Lombok Tengah Ihwan Sutrisno meminta harga sewa aset lahan dan penggunaan milik Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dihitung ulang. Karena nilai sewa tidak sesuai dengan kondisi saat ini dan jika itu dipertahankan maka pendapatan asli daerah (PAD) akan jalan di tempat.

Ia mencontohkan, seperti halnya aset lahan pertanian di Desa Beber Kecamatan Batukliang luasnya mencapai 10 hektare dan lahan itu disewa oleh pihak ketiga nilainya sebesar Rp23 juta per tahun. "Idealnya, harga sewa sebesar Rp 10 juta per hektare dalam satu tahun atau sebesar Rp 100 juta per-tahun," katanya, Senin (7/3/2022).

Begitupula harga sewa sederetan toko dan rumah toko (ruko) di pusat pertokoan Praya dan tempat-tempat lain yang tersebar di 12 Kecamatan. Pihaknya mengaku, telah melacak dan mencari tahu aset-aset yang dimaksud, sekarang tinggal pemerintah segera bersikap, baik lewat kebijakan maupun regulasi.

"Dalam hal ini, yang bertanggungjawab yakni Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Loteng," ujarnya. Jika BPKAD tidak segera bersikap, pihaknya curiga pemerintah telah main mata.

"Jadi, tahun ini harus ada perubahan bagaimanapun caranya, tolong ini diperhatikan dinas terkait yang merasa mengelola aset," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Loteng Muslihin meminta, aset bergerak maupun tidak bergerak harus dioptimalkan. "Aset ini harus menghasilkan PAD yang besar dan jika tidak maka lebih baik dihapus atau dijual saja," ungkapnya.

Daripada, kata Muslihin, Pemkab setiap tahunnya menyediakan anggaran pemeliharaan atau perbaikan. "PAD yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi juga harus ditingkatkan," ucapnya.

Ditekankan, tahun anggaran 2022 ini, PAD di Loteng harus naik berlipat-lipat, mengingat sebentar lagi menjadi tuan rumah MotoGP di sirkuit Mandalika. Jika itu terwujud, maka pembangunan daerah berjalan sesuai target dan warga semakin sejahtera.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments