Kabid Peternakan: Kelompok Peternak Ngiring Sadar Ngarat Bakal Dapatkan Bank Pakan - www.okenews.net

Rabu, 13 April 2022

Kabid Peternakan: Kelompok Peternak Ngiring Sadar Ngarat Bakal Dapatkan Bank Pakan

drh. Zulfan Ashari
Okenews.net - Kelompok ternak unggas Lombok Timur (Lotim) bakal dapat bantuan Bank Pakan Konsentrat dari pemerintah pusat. Saat ini sedang dalam proses.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lombok Timur drh. Zulfan Ashari mengatakan, program tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Untuk mendapatkannya, pihak dinas melakukan seleksi terhadap kelompok-kelompok ternak yang memenuhi syarat layak untuk pengadaan bank pakan konsentrat unggas. 

Ia menegaskan, syarat untuk mendapatkan program tersebut kelompok ternak harus teregistrasi pada aplikasi e-simluhtan karena pendaftarannya melalui e-proposal.

Program yang digagas pemerintah pusat tersebut bertujuan untuk memberdayakan kelompok ternak agar bisa  mandiri berkreasi dan berinovasi menciptakan pakan ternak sendiri. 

Syarat lain yang harus dipenuhi penerima bantuan yakni peternak tetap yang memiliki lahan yang cukup untuk gudang peralatan dan kandang yang memadai. 

"Tahun ini, Kelompok Ngiring Sadar Ngarat yang di Desa Rarang yang bakal dapat bantuan tersebut pada pembangunan fisik dan pengadaan alat," ungkapnya, Selasa (12/04/2022). 

Jika merinci DAK untuk pengadaan fisik bangunannya saja menelan biaya Rp110 juta rupiah. Sementara untuk peralatan dikisaran Rp191 juta rupiah.

Ia berharap melalui program tersebut, kedepan para kelompok penerima bantuan DAK tidak lagi membeli pakan konsentrat ke luar. Namun, mereka bisa mengolahnya sendiri dengan ketersediaan bahan baku yang ada. 

Harapan lain, agar pakan konsentrat tersebut minimal bisa dipasarkan ke kelompok - kelompok ternak yang lain bahkan sampai ke luar daerah.

"Harapannya adalah minimal kelompok tidak beli konsentrat di luar, jadi bisa meminimalisir biaya pakan," imbuhnya.

Diakuinya dari sejak tahun 2020 lalu hingga tahun ini sudah banyak kelompok yang diusulkan untuk mendapatkan dana bantuan pengadaan pakan konsentrat di Lombok Timur.

Hanya saja, keterbatasan anggaran sehingga para peternak harus berlapang dada. Dan untuk tahun 2023 mendatang, pihaknya akan mengusulkan pengadaan bank pakan konsentrat untuk sapi perah yang ada di Sembalun.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments