Rumaksi Apresiasi Program ACTION - www.okenews.net

Jumat, 22 April 2022

Rumaksi Apresiasi Program ACTION

Wabub Lotim H Rumaksi saat hadir pada acara ACTION

Okenews.net
- Lombok Timur menjadi salah satu lokasi program Active Citizens Building Solidarity and Resilence in Response to Covid-19 (warga aktif membangun solidaritas dan ketahanan merespon Covid-19) atau yang polopuler disebut ACTION. 

Pada fase pertama sejak diluncurkan akhir 2020 lalu ACTION telah berupaya meningkatkan ketahanan dan solidaritas masyarakat miskin dan marjinal terkait dampak pandemi covid-19. 

Fase pertama berfokus pada kesehatan, air, dan sistem sanitasi sementara fase kedua menindaklanjuti perbaikan ekonomi dan kondisi sosial masyarakat di lokasi program tersebut.

Di Lombok Timur fase kedua di antaranya dilakukan melalui kegiatan urban farming yaitu dengan memanfaatkan lahan yang tersedia di sekitar masyarakat. 

Program tersebut sudah berjalan di tujuh desa, yakni Selong, Denggen, Denggen Timur, Lenek Lauk, Lenek Kalibambang, Montong Betok, dan Perian.

Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj mengapresiasi dan berterima kasihnya atas pelaksanaan program ACTION sejak fase pertama. 

Menurutnya, program tersebut memberikan dampak yang besar bagi Lombok Timur, termasuk menekan kasus Covid-19. 

“Peran serta dari program ini tidak bisa dipungkiri bahwa ini mempunyai dampak terhadap penurunan Covid-19,” katanya, Jumat (22/04/2022).

Wabup juga optimis fase ke-dua yang berorientasi pemulihan ekonomi akan mendukung ketahanan dan pemulihan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi.

Pada acara Penyerahan Simbolis Kebun Percontohan Urban Farming ACTION di Kabupaten Lombok Timur di Halaman Kantor Kelurahan Selong tersebut Wabup meminta komunitas tetap solid.

Mereka juga diharapkan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama menjalani pelatihan di rumah dan lingkungan masing-masing. 

Ia yakin dengan aktivitas tersebut akan berdampak dan menyebar semakin luas, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Ilmu yang diperoleh itu diimplementasikan. Kalo disimpan terus dibawa tidur ya tidak pernah ada hasil,” harapnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments