Pembangunan Relokasi Rumah Nelayan Ekas Segera Dimulai - www.okenews.net

Jumat, 22 April 2022

Pembangunan Relokasi Rumah Nelayan Ekas Segera Dimulai

Peninjauan lokasi pembangunan rumah nelayan

Okenews.net
- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lombok Timur bersama Kodim 1615 melaksanakan mutual check awal (MCO) pekerjaan penimbunan tanah urug kawasan Ekas Kecamatan Jerowaru, Jum'at (22/04/22). 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DLH Lombok Timur  Makrifatullah mengatakan, rencana pembangunan rumah nelayan yang direlokasi segera dikerjakan pada bulan Mei mendatang.

Pengerjaan program ini dilaksanakan oleh Kodim 1615/ Lotim melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Namun sebelum dilakukan pembangunan, area lokasi tersebut harus ditimbun agar rata dengan lokasi pembangunan sebelumnya.  

Pada kesempatan itu Makrifatullah menyerahkan MCO kepada rekanan atau penyedia yang disaksikan Kodim 1615/Lotim, Kepala Desa Ekas Buana dan tokoh masyarakat dan lainnya.

"Kita minta setelah dilakukan penyerahan pekerjaan sesuai dengan peraturan, pihak rekanan besok segera melakukan pekerjaan," kata Makrif.

Dengan begitu progres penyelesaian untuk penimbunan tanah urug bisa dipercepat. Ia berharap penimbunan bisa tuntas selama 15 hari. 

"Kalau di kontrak RAB target penyelesaian 45 hari kerja, tapi kita harapkan 15 hari bisa selesai," jelasnya. 

Sementara itu kontraktor M Saadi Azaria Shofa mengatakan, mulai besok pihaknya sudah mulai bekerja dengan mendatangkan alat berat dan juga material yang dibutuhkan.

"Kita berharap koordinasi yang baik dengan kepala desa dan pihak pihak terkait sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penimbunan, untuk mengantisipasi jika ada persoalan di lokasi penimbunan," terangnya. 

Selain itu pihak penyedia memanfaatkan armada dum truk yang ada di wilayah Jerowaru, sinergitas ini semata-mata untuk memulihkan ekonomi masyarakat setempat.

"Sebelumnya, kita bersama pemdes sudah berkoordinasi untuk keamanan dan memanfaatkan armada yang ada di wilayah desa," tuturnya.

Di tempat sama Kepala Desa Ekas Buana Ahmad Nursandi menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Bupati Lombok Timur atas perhatian yang diberikan kepada masyarakat, khususnya kepada warga Ekas Buana yang direlokasi.

Menurutnya, bupati telah menunjukkan perhatiannya terhadap keselamatan warga pesisir Ekas dengan merelokasi ke dataran yang lebih tinggi, sehingga terhindar dari banjir rob ketika terjadi air laut pasang.

Diakui, di tempat relokasi saat ini, air laut masih naik sampai disana, tetapi untungnya DLH dan kodim 1615 melakukan penimbunan kembali, sampai tempat baru ini benar-benar aman dari banjir rob.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments