Tim Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara 1 Lomba Fan Art Nasional - www.okenews.net

Minggu, 15 Mei 2022

Tim Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara 1 Lomba Fan Art Nasional

Tim Fan Art MAN 1 Lotim
Okenews.net - Tim Siswa MAN 1 Lombok Timur NTB berhasil singkirkan pesaing hebat mereka yang berasal dari berbagai sekolah/madrasah hebat di Indonesia dan berhasil meraih juara 1 lomba fan art nasional di Universitas Dinamika Surabaya Jatim 2022.

Pembina ICT Club MAN 1 Lotim Rasyid Hardi mengatakan, lomba fan art (seni penggemar) merupakan lomba karya seni buatan penggemar dari sebuah karya fiksi. 

"Karya ini umumnya media visual seperti komik, film, acara televisi atau permainan video dan berasal dari serangkaian karakter atau aspek lain dari karya tersebut," Rasyid Hardi, Ahad (15/05/2023).

Dalam lomba fan art lanjut Rasyid,  para peserta menggambar karakter gambar yang sudah ada dengan imajinasi dan gaya gambar mereka sendiri. 

"Cabang seni penggemar ini, salah satu seni menggambar yang sedang banyak digemari dikalangan milenial dalam beberapa tahun ini termasuk di Indonesia," tuturnya. 

Biasanya dibeberapa kota besar Fanart ini rutin dilombakan termasuk di bulan April_Mei 2022 ini Universitas Dinamika Surabaya menyelenggarakan lomba fan art Tingkat Nasional Tahun 2022.

"Pesertanya berasal dari jenjang SLTA dan tim siswa MAN 1 Lotim dari club ektra ICT MAN 1 Lotim yang terdiri 2 tim ikut berpartisi dalam lomba yang cukup bergengsi ini," imbuhnya. 

Rasyid Hardi menambahkan, pada lomba kali ini, tim siswa MAN 1 Lotim yang terdiri dari Yuliadin Outra Nugraha siswa kelas XI IPA dan Muhammad Cahyadi kelas XI IPS berhasil meraih juara 1.

Mereka menyingkirkan tim siswa hebat dari berbagai sekolah unggulan di Jawa Timur dan kota besar lainnya, dan atas hasil kesuksesannya ini Tim siswa MAN 1 Lotim mendapatkan sertifikat juara, medali dan dana pembinaan. 

Pada lomba fan art kali ini, tim Yuliadin mampu membuat disain gambar tokoh karikatur Jepang dengan menambahkan desain sendiri berdasarkan imajinasinya sendiri.

"Hal inilah yang membuat karya tim MAN 1 Lotim mampu menarik dewan juri untuk memberikan penilaian terbaik yakni juara 1 lomba Fanart Tingkat Nasional," ungkap Rasyid Hardi. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas kemampuan siswanya dalam mengikuti perkembangan ilmu teknologi desain fanart sebagai cabang seni menggambar baru di Indonesia. 

Menariknya, kendati madrasah ini berada di daerah dan berlokasi di pojok kota Selong Lombok Timur, tapi siswanya mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam bidang lomba fan art ini. 

"Kesuksesan ini diraih karena semangat dan ketekunan guru pembina serta ketelatenan siswa dalam terus mengasah kemampuan dalam bidang disain ini melalui pembinaan ektra ICT MAN 1 Lotim," tuturnya.

Keberhasilan meraih juara ini juga  terwujud karena dukungan pihak madrasah pada semua pembinaan minat siswa. Termasuk dukungan untuk siswa agar mengasah kemampuan dan pengalamannya melalui kompetisi.

Selain suport biaya lomba, pihak madrasah juga memberikan reward pada setiap capaian prestasi siswa sebagai bentuk keberpihakan madrasah pada ikhtiar pembina dan siswa dalam mencapai prestasi dari setiap kompetisi.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments