Safari Ramadhan, Inilah Pemaparan Sukiman - www.okenews.net

Minggu, 02 April 2023

Safari Ramadhan, Inilah Pemaparan Sukiman

Sukiman Azmy
Okenews.net - Memasuki hari kesebelas Ramadhan, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengajak jamaah Masjid Jami’ul Khair Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya agar memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya. 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan agung. Diantara dua belas bulan lainnya, ungkap Bupati, Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa karena tertulis di dalam Al-Quran.

Bupati dalam rangkaian safari ramadan Pemda Kabupaten Lombok Timur Ahad (2/4) itu juga menekankan lima hal yang perlu diperbaiki selama bulan Ramadan. 

Pertama adalah shalat. Bupati menukil hadis Rasulullah SAW, “Perbaiki shalatmu maka Allah akan memperbaiki jalan hidupmu,” ujarnya.

Dipesankannya agar melaksanakan shalat secara berjamaah, dan lebih baik dilaksanakan di masjid. 

Ia pun mengingatkan untuk mengenakan pakaian bersih dan istimewa serta tidak berpotensi menarik perhatian jamaah lainnya.

Ke dua yang harus diperbaiki adalah makanan. Ia mengingatkan agar mengonsumsi makanan halal dan baik, juga untuk diberikan kepada anak keturunan.

“Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita yang akan menjadi darah, daging, tulang, urat, syaraf dan nadi itu berdasar atau bersumber dari makanan yang halal dan baik,” kata dia.

Ke tiga adalah perihal sedekah. “Perbaiki sedekahmu maka  Allah akan melapangkan dan memperluas rezekimu” ungkapnya. 

Ia berharap sedekah dapat menjadi budaya baik yang dikembangkan masyarakat. Disebutnya Ramadan sebagai bulan yang paling baik untuk bersedekah.

Yang juga harus diperbaiki adalah ahlak, “perbaiki akhlakmu maka Allah akan memuliakan hidupmu,” ujarnya. 

Ia menekankan agar para orang tua mewariskan akhlak yang baik kepada anak-anaknya.

Terakhir, Bupati mengingatkan memperbaiki silaturahmi. Dengan silaturahmi akan memperbanyak kawan, memperbaiki rezeki, dan memperpanjang umur. 

Karena itu pasca Pemilihan Kepala Desa Serentak yang menyebabkan perbedaan pilihan, Bupati berharap masyarakat kembali dapat merajut kebersamaan.

“Lebur dalam silaturahmi yang tulus, indah, damai, aman dan tentram,” harapnya.

Selain menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Pringgabaya sepanjang masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati H. Rumaksi Sj yang akan berakhir September.

Bupati juga menyampaikan komitmen Pemda untuk melaksanakan pembangunan maupun perbaikan sekolah yang terdampak gempa, serta perbaikan infrastruktur lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments