Wakil Ketua Dewan Nilai Sosok Juaini Taofik Tepat Sebagai Penjabat Bupati Lotim - www.okenews.net

Sabtu, 29 April 2023

Wakil Ketua Dewan Nilai Sosok Juaini Taofik Tepat Sebagai Penjabat Bupati Lotim

Wakil Ketua DPRD Lombok Timur H Daeng Paelori
Okenews.net - Masa jabatan Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy - H Rumaksi bulan September 2023 mendatang. 

Sejumlah nama penjabat bupati telah siap diajukan ke menteri dalam negeri (Mendagri) sudah masuk radar fraksi DPRD Lombok Timur. 

Berdasarkan penelusuran, ada tiga nama yang diusulkan yakni, HM. Juaini Taofik (Sekda Lotim),  Pathul Gani (Kadis Pertanian Prov. NTB), dan Akhsanul Khalik (Kadis Sosial Prov NTB. 

Selain dari Fraksi DPRD Lotim, nama yang diusulkan Gubernur NTB pun telah dikantongi untuk di serahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari ketiga nama tersebut, HM Juaini Taofik merupakan figur yang dinilai sangat tepat mengemban tugas sebagai Penjabat Bupati Lotim. 

Saat ini, Juaini Taofik sebagai pejabat yang memegang tampuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Pemkab Lotim, faktor lain pun turut mendukung. 

Hal itu sesuai dengan yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 tahun 2023 tentang penjabat Gubernur, penjabat Bupati dan penjabat Walikota.

Terkait nama-nama yang akan digodok untuk penjabat Bupati Lotim, Wakil ketua DPRD Lotim, H Daeng Paelori mengaku belum dibahas di internal fraksi-fraksi dewan. 

Kendati demikian, mantan Ketua DPD Partai Golkar (PG) Lotim ini pun mengaku telah mengantongi sejumlah nama yang dinilai berpotensi untuk menjadi penjabat. 

Bupati Lotim sesuai kriteria yang dijelaskan dalam Permendagri No. 4 tahun 2023 tentang penjabat gubernur, penjabat Bupati dan penjabat Walikota.

"Minggu depan masing-masing pimpinan fraksi secara internal akan membahasnya dan mengusulkannya ke pimpinan dewan siapa nama-nama Penjabat Bupati Lotim. 

Tapi yang terpenting bagi Fraksi Golkar kriteria yang diusulkan  menjadi Penjabat Bupati Lotim harus mengenal wilayah Lotim secara utuh," papar Daeng Paelori, Jumat (28/4/2023).

Mengenal wilayah secara utuh kata Daeng Paelori, tidak semata-mata melihat Kabupaten Lotim secara geografis dan demografis. 

Namun mengenal kultur/budaya masyarakatnya secara luas dan spesifikasi. Kriteria lainnya, calon Pj. Bupati Lotim dapat dilihat dari pangkat dan senioritasnya dalam birokrasi. 

Tidak kalah pentingnya ia bisa berdiri di atas semua kelompok atau golongan tanpa memiliki kepentingan interest terhadap kelompok lainnya.

Ia juga menegaskan bahwa calon nama Penjabat Bupati Lotim juga harus memiliki prestasi sehingga dapat diterima dilingkungan ASN dimana ia berada. 

"Ada 11 fraksi di DPRD Lotim. Nama-nama yang diusulkan oleh masing-masing fraksi akan mengerucut kepada satu nama untuk diusulkan ke Kemendagri," sebut Daeng.

Saat ditanya nama HM Juaini Taofik dianggap paling mumpuni untuk jabatan Pj. Bupati Lotim sesuai dengan kriteria dalam Permendagri No. 4 tahun 2023.

Daeng Paelori mengakui HM. Juaini Taofik yang kini menduduki jabatan Sekda Lotim dinilai salah satu nama yang diusulkan dan paling besar kans-nya untuk jabatan tersebut.

"Pak Sekda Lotim (HM. Juaini Taofik) punya peluang besar untuk itu," ujar politisi senior Lombok Timur itu. 

Selain memiliki jabatan tertinggi di jajaran birokrasi, prestasi yang cukup membanggakan ditingkat regional dan nasional, juga tidak memiliki kepentingan baik dengan kelompok/golongan tertentu atau dengan partai tertentu. 

"Tapi, semua itu tergantung dari rapat ditingkat lembaga dewan untuk menentukan siapa-siapa nama yang diusulkan," tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments