Kemeterian Pertanian Apresiasi Keberpihakatan Pemkab Lotim Terhadap Petani - www.okenews.net

Jumat, 11 Agustus 2023

Kemeterian Pertanian Apresiasi Keberpihakatan Pemkab Lotim Terhadap Petani

Okenews.net - Keberpihak Lombok Timur terhadap sektor pertanian mendapat apresiasi Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Jan Samuel Maringka. 

Pujian itu datang setelah pemerintah kabupaten menetapkan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Alih Fungsi Lahan beberapa waktu lalu. 

la menyebut Lotim dapat dijadikan contoh bagi daerah lain. Ia bahkan memuji kepemimpinan Bupati Sukiman yang memiliki keberpihakan terhadap pertanian.

"Itulah yang kita harapkan bisa menjadi contoh di kabupaten lain," ujar Jan Samuel saat kunjungan di Lombok Timur Jumat (11/8) pada pesta panen raya bawang putih di kecamatan Sembalun.

Ia menegaskan koordinasi dan sinergisitas Lombok Timur sangat bagus, karena ia menjelaskan kehadirannya adalah untuk memastikan program kementerian pertanian berjalan dengan baik dan tepat waktu. 

Samuel pun mengaku bangga atas hasil panen bawang putih tersebut yang umbinya hampir sama dengan bawang putih impor. Karenanya ia optimis kebutuhan bawang putih dapat terpenuhi dari produk lokal.

Sementara itu Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy dengan bangga menyatakan semua jenis tanaman dapat hidup di daerah ini mulai dari padi yang merupakan penyangga kebutuhan hidup masyarakat, vanili, bawang merah, bawang putih hingga produksi jagung. 

Namun disayangkan masih dikelola secara sederhana dan dalam bentuk mentah. la berharap ke depan diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

Terkait bawang putih, bupati menyebut program pengembangan bawang putih di Lombok Timur seperti swakelola dan upland yang dipercayakan kementerian berjalan baik dan menjadi andalan hidup masyarakat.

Kegiatan yang dibuka tarian tandang mendet khas Sasak tersebut dihadiri pula Forkopimda, Pimpinan OPD, BUMD, BUMN, camat, kades tokoh agama dan petani setempat.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments