Berbenah, RSUD dr Raden Soedjono Selong Persiapkan Akreditasi - www.okenews.net

Jumat, 11 Agustus 2023

Berbenah, RSUD dr Raden Soedjono Selong Persiapkan Akreditasi

Okenews.net - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soedjono Selong siap menjalani akreditasi. Hal itu dilakukan guna menjamin standar pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Akreditasi adalah suatu kewajiban setiap fasilitas kesehatan setiap tiga tahun sekali," kata Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong, dr. HM. Hasbi Santoso, M.Kes, Jumat (11/08/2023). 

Meski RSUD Soedjono bakal menjalani akreditasi pada bulan Oktober nanti namun sejauh ini pihaknya telah menyiapkan dengan maksimal dan terus menata rumah sakit sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih berkualitas. 

Untuk mempersiapkan jalannya akreditasi dengan hasil paripurna, pihaknya melakukan persiapan maksimal. Salah satunya dengan dilakukan simulasi surveyor akreditasi oleh lembaga yang independen. 

"Saat ini kita tengah melaksanakan simulasi survei akreditasi oleh tiga surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan nanti hasilnya, kita akan diberikan rekomendasi untuk kita lengkapi dalam menghadapi akreditasi sesungguhnya," ujarnya. 

Surveyor itu terbagi dalam tiga kelompok kerja (Pokja) yakni Pokja Manajemen, Pokja Medik, dan Pokja Keperawatan. Dari tiga Pokja itu ada 117 elemen, dan Pokja Manajemen memiliki elemen paling banyak. 

"Tapi kita tetap akan melakukan pembenahan di semua Pokja. Karena semua Pokja itu prinsipnya satu kesatuan, yang berujung pada output standar pelayanan rumah sakit," bebernya. 

Lebih jauh disampaikan Hasbi, substansi akreditasi adalah untuk menyeragamkan standar pelayanan kesehatan rumah sakit di seluruh Indonesia agar setiap warga negara mendapatkan standar pelayanan yang sama antara rumah sakit yang satu dengan lainnya. 

Misalnya si Fulan didiagnosa demam tipoid di RSUD Soedjono, ketika dia dirawat di Jayapura atau Aceh maka pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit setempat adalah tindakan medis demam tipoid. Artinya akreditasi itu untuk menyeragamkan standar pelayanan. 

Dirinya pun optimis dalam kurun waktu 1,5 bulan menjelang akreditasi. Pihaknya akan mampu melakukan pembenahan dan hasil akreditasi yang diraih memuaskan. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments