Mahasiswa KKN Unram Bantu Tingkatkan Penjualan Produk Madu Trigona di Desa Sukadana - www.okenews.net

Jumat, 18 Agustus 2023

Mahasiswa KKN Unram Bantu Tingkatkan Penjualan Produk Madu Trigona di Desa Sukadana

Okenews.net- Desa Sukadana merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bayan. Desa ini memiliki beberapa potensi, salah satunya adalah Madu Trigona. Lebah trigona merupakan salah satu jenis lebah madu yang tidak menyengat. 

Madu trigona kaya akan propolis dan bee pollen yang mengandung berbagai jenis mineral, enzim, vitamin, dan asam amino sebagai anti oksidan kuat yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rasa asam pada Madu Trigona disebabkan oleh bee pollen yang terfermentasi dalam kantung madu dan berbagai asam amino seperti asam folat, asam askorbat (Vit C), asam glukonat sebagai anti virus dan asam laktat sebagai anti bakteri.

Namun di Desa Sukadana sendiri penjualan Madu Trigona sedang mengalami penurunan dikarenakan tingginya tingkat persaingan yang terjadi di Kabupaten Lombok Utara. Petani Madu Trigona yang ada di Desa Sukadana biasanya hanya menjual produknya kepada pengepul yang dikemas dalam kemasan botol plastik biasa. Dalam upaya meningkatkan penjualan dan nilai jual Madu Trigona, Mahasiswa KKN UNRAM melakukan inovasi kemasan madu trigona sekaligus melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram. Kegiatan ini bertujuan untuk memasarkan produk agar dapat lebih berkembang.

Pada pemilihan kemasan menggunakan jenis plastik klip food grade dengan tinggi 20cm, diameter 6cm, dan ukuran 500ml. Hal ini dilakukan untuk mempermudah  pembeli dalam membuka dan menutup botol madu. Inovasi produk dimulai dengan sesi pembelian botol madu, membuat desain kemasan, mencetak desain kemasan, dan mengemas produk. Dalam membuat desain kemasan, mahasiswa KKN UNRAM mengubah nama menjadi “Madu Trigona Uah Ampah Desa Sukadana”, tentunya dalam kemasan tercantum manfaat dan nomor penjual. 

Madu Trigona sendiri kami dapatkan dari Bapak Kepala Desa Sukadana, Bapak Zul Rahman S.H., S.Pd.I. Sebagai salah satu petani Madu Trigona di Desa Sukadana. Bapak Zul Rahman mengungkapkan rasa terima kasih dan rasa syukur terhadap inovasi kemasan yang telah dilakukan mahasiswa KKN UNRAM. “Saya mengucapkan terima kasih atas inovasi yang telah mahasiswa KKN UNRAM rancang dan lakukan dengan maksimal.”

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments