Bupati Sukiman Hadiri Alunan Budaya Desa Pengadangan - www.okenews.net

Senin, 25 September 2023

Bupati Sukiman Hadiri Alunan Budaya Desa Pengadangan

Bupati HM Sukiman Azmy hadiri acara alunan budaya 
Okenews.net - Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy mengapresiasi pemuda dan masyarakat Pringgasela yang telah mempersiapkan kegiatan pembukaan alunan budaya desa VII Desa Pringgasela dengan baik.

Ia mengajak untuk melestarikan warisan tradisi dan budaya yang ada, termasuk tenun. Disampaikan melalui pantun, ajakan tersebut disambut antusias masyarakat serta tamu udangan yang menyaksikan kegiatan di lapangan desa setempat.

Mengisahkan sekelumit perjalanan sejarah, Sukiman m
enekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi sebagaimana ditunjukkan para pejuang di Lombok Timur dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.

“Kita berharap Alunan Budaya Desa yang telah dilaksanakan secara konsisten tersebut dapat dimasukkan sebagai salah satu kalender wisata nasional,” ungkap Sukiman, Senin (25/09/2023).

Apresiasi juga disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB yang mewakili Gubernur. Semangat dan kreativitas masyarakat dan pemuda dinilai mampu membawa kegiatan tersebut ke level yang lebih tinggi.

Apalagi Pringgasela dikenal sebagai salah satu sentra tenun dengan kreasi fashion muslim berkualitas. Ia menantang untuk menghadirkan hal yang lebih besar seperti pelibatan ribuan penenun untuk memecahkan rekor nasional maupun internasional.

Alunan Budaya Desa dengan tema Pringgasela di angka 7 tersebut menampilkan ratusan penenun yang menggambarkan proses atau tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan sehelai kain tenun berkualitas, mulai dari memintal benang, hingga nyesek atau menenun dengan alat tradisional.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments