Hadiri Gawe Adat Desa Sapit, Ini Pesan Bupati Sukiman - www.okenews.net

Rabu, 13 September 2023

Hadiri Gawe Adat Desa Sapit, Ini Pesan Bupati Sukiman

HM Sukiman Azmy
Okenews.net– Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy hadir sekaligus membuka acara Gawe Adat Desa Sapit Kecamatan Suela.

Gawe adat yang dipusatkan di Kantor Desa Sapit tersebut berlangsung Rabu (13/9/2023) dihadiri sejumlah tokoh masyarakat termasuk majelis adat Sasak.

Bupati Sukiman dalam sambutannya mengapresiasi semangat masyarakat Sapit yang senantiasa melestarikan adat istiadat dan peninggalan leluhur.

Menurutnya tidak banyak desa melakukan hal serupa. Padahal, ia meyakini, adat istiadat yang dipelihara dengan baik akan mendatangkan banyak manfaat.

Bupati menyampaikan, adat istiadat yang ditinggalkan para pendahulu menyimpan jati diri masyarakat sasak yang tangguh dan kesatria.

Karena itu ia berharap adat istiadat tersebut tidak hanya dipertahankan tetapi juga dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus.

Gawe adat bertema membangun desa dengan keberagaman tersebut, diungkap Kepala Desa Sapit Sriatun ditujukan melestarikan adat istiadat yang salah satunya ditandai pengukuhan lembaga adat Sasak.

Sapit sebagai salah satu desa tua di Lombok Timur memiliki beragam adat istiadat seperti bubus batu, nyelamet reban, dan berbagai kegiatan lainnya.

Sapit yang kaya dengan prasasti dan peninggalan masa prasejarah akan dikembangkan untuk wisata budaya dan sejarah.

Selain itu, gawe adat ini juga untuk mempersatukan semua elemen masyarakat Sapit untuk mendukung keberlangsungan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments