Festival Bale Langgaq Desa Sakra Bakal Dimeriahkan Pawai Seribu Dulang - www.okenews.net

Minggu, 05 November 2023

Festival Bale Langgaq Desa Sakra Bakal Dimeriahkan Pawai Seribu Dulang

 

Okenews.net- Kegiatan Tahunan Pawai 1000 Dulang pada Festival Bale Langgaq, Gawe Musim Kembalit Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Lombok Timur dalam waktu dekat akan dilaksanakan kembali tepatnya mulai pada tanggal 19-25 November 2023 pada bulan ini.

Kegiatan tersebut kali ini akan dibuat lebih spektakuler dari tahun sebelumnya. Berbagai pentas seni dan budaya akan hadir meriahkan kegiatan Festival Bale Langgaq. Pentas Gendang Beleq/Gamelan,Pentas Musik artis artis Lombok ternama, peresean sepualau Lombok, pawai 1000 dulang juga kegiatan hiburan lainnya akan membuat semakin spektakuler, (04/11/2023).

Selain pentas Seni dan Budaya,akan ada Pameran UMKM Se Pulau Lombok dari berbagai jenis kerajinan tangan juga makan minum yang juga akan ikut meriahkan sepanjang kegiatan Festival Bale Langgaq 2023 ini. Ada sekitar 100 UMKM yang akan hadir dari berbagai daerah di pulau Lombok yang tengah dipersiapkan ikut pameran/mempromosikan produk produk unggulan mereka.

Kegiatan tersebut diadakan demi memperkenalkan budaya budaya Lombok(Sasak) pada dunia serta menumbuh kembangkan ekonomi kemasyarakatan dengan pameran UMKM Lombok , dipastikan akan dipadati pengunjung dari berbagai daerah setiap harinya sepanjang kegiatan ini berlangsung yang tentunya para pelaku UMKM akan sangat diuntungkan, terlebih lagi ada pasar/hiburan bermain malam (rona rona) selama 2 minggu lamanya.

L.Anugerah Bayu Adi (Mantan Kepala Desa Sakra) yang sebagai pemerhati Budaya di wilayah Selatan Lombok berharap kepada seluruh unsur/lapisan masyarakat yang ada di Lombok Timur khususnya NTB umumnya agar bersama sama ramaikan dan meriahkan kegiatan budaya "Gawe Musim Kembalit" sebab ini kegiatan bersama dan budaya budaya Lombok harus kita pertahankan dan perkenalkan kepada dunia bahwasanya Lombok masih memiliki kekuatan Budaya," tutur L Anugerah.

Mari bersama sama kita semua sebagai bangsa SASAK(Lombok) yang peduli Adat dan Budaya bersatu padu,menguatkan tali silaturrahmi,kekeluargaan,kegotongroyongan dalam kegiatan kegiatan Gawe(kerja) Kebudayaan agar abak anak kita, para generasi Lombok kita bisa mengenal dan ikut melestarikan apa yang menjadi budaya , adat istiadat kita dimasa yang aka datang, sebab kegiatan seperti Gawe Musim Kembalit yang diadakan ini semata mata sebagai ajang berkumpulnya  para pemerhati budaya dan kesenian Lombok sebagai penguat hubungan kekeluargaan diantara kita sesama warga Lombok,"tutur Miq Uge.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments