Keren...! MAN 1 Lotim Kembali Raih Pernghargaan Terbaik dari KPPN Selong - www.okenews.net

Sabtu, 04 November 2023

Keren...! MAN 1 Lotim Kembali Raih Pernghargaan Terbaik dari KPPN Selong

Okenews.net - Torehan prestasi mentereng  MAN 1 Lotim tidak hanya terfokus pada prestasi siswa dan guru saja. Kali MAN 1 Lotim kembali meraih predikat terbaik dari KPPN Selong yang pada tahun 2022 lalu juga pernah mendapatkannya.

Penghargaan itu menyangkut kerja MAN 1 Lotim dalam pengelolaan anggaran keuangan negara juga mampu menunjukkan diri sebagai satuan kerja dengan pelaksanaan pengelolaan keuangan terbaik kedua dari hasil penilaian KPPN Selong pada 30-an Satker lingkup kerja wilayah KPPN Selong.

"Alhamdulillah MAN 1 Lotim mampu meraih terbaik kedua  dalam penilaian pelaksanaan anggaran tahun 2023  yang diberikan KPPN Selong," ujar Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni, Sabtu (04/11/2023).

Penyerahan penghargaan itu diserahkan oleh Plt Kepala KPPN Selong Eko Wahyu Budi Utomo disaksikan Kabid Evaluasi dari DJPB Mataram dan tamu undangan lainnya di aula KPPN Selong jalan Muh. Yamin Selong Lombok Timur, Kamis 2 Nopember  2023.

Keren...! MAN 1 Lotim Raih Predikat Terbaik Pelaksanaan Anggaran

Wathon menuturkan, lenilaian oleh KPPN Selong ini per Juni 2023. Namun baru diacarakan pada Kamus 2 Nopember 2023 bersamaan dengan kegiatan lounching program Zona Integritas dan WBK di KPPN Selong.

Penilaian KPPN ini mencakup 13 komponen penilaian dalam meraih pelaksanaan anggaran terbaik yakni serapan anggaran, laporan kegiatan, ketepatan waktu, pengelolaan UP, data kontrak, dispensasi SPM, perencanaan kas, pagu minus, capaian output, retur SP2D, halaman III DIPA, rekon LPJ. Dari 13 komponen tersebut, MAN 1 Lotim memperoleh nilai terbaik. 

Wathoni juga menyampikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga MAN 1 Lotim mampu meraih penilaian terbaik, mulai dari Kemenag NTB, Kemenag Lotim.

Termauk Kasubag TU Kemenag Lotim dan pihak yang telah banyak memberikan masukan pada MAN 1 Lotim dalam hal tata kelola dan realisasi anggaran dan lainnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kinerja tim anggaran MAN 1 Lotim mulai KTU, bendahara, para operator serta tim pengelola dan prestasi madrasah.

Termasuk para pengguna anggaran lainnya yang sudah maksimal bekerja dengan semangat tinggi dan kecermatan, serta tanggungjawab dalam penggunaan anggaran sehingga membuahkan hasil yang luar biasa yakni mendapat penilaian terbaik. 

Perlu diketahui lanjutnya, MAN 1 Lotim tidak hanya fokus pada pencapaian prestasi siswa dan guru saja, namun terus berikhtiar maksimal dalam melakukan tata kelola anggaran.

Hal itu sesuai target untuk mencapai pelayanan prima dalam semua aspek. “Kekurangan yang masih ada, harus terus dibenahi agar ke depan pelayanan semakin baik,” tegas Wathoni.

Di tempat terpisah, Kakanmenag Lotim mengatakan bahwa prestasi MAN 1 Lotim dalam realisasi pelaksanaan anggaran terbaik kedua,  tidaklah mudah. 

Ia menyebutkan semua itu butuh kemampuan, komitmen, dan kepemimpinan dalam tata kelola anggaran negara dari para pihak yang terkait dalam satuan kerja (Satker) sehingga proses realisasi dengan dokumen yang lengkap dalam terwujud dengan baik. 

"Ini patut kita apresiasi dan menjadi contoh bagi Satker lain dalam memaksimalkan dan pemanfaatan sekaligus LPJ pada realisasi anggaran," ujarnya.

Memang, kata dia, semua anggaran negara harus terealisasi secara terencana, cermat, terukur, dengan LPJ yang lengkap, dan itu yang terus dilakukan MAN 1 Lotim. 

"Kita berharap di tahun 2023 ini prestasi satker lingkup Kemenag Lotim bisa lebih baik karena itu perlu komitmen dan kesungguhan KPA dan tim keuangan dan pihak-pihak terkait di dalam satker," katanya.

"Satker bisa bekerja lebih telaten, cepat dan dapat bekerjasama serta berkoordinasi dengan KPPN dan pihak lainnya sehingga pelaksanaan angaran satker kita bisa lebih baik dan mendapatkan penilaian terbaik," harap Sirojuddin.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments