Ternak Kena Scabies, Masyarakat Diminta Lapor Petugas - www.okenews.net

Rabu, 24 April 2024

Ternak Kena Scabies, Masyarakat Diminta Lapor Petugas

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Lotim  Hul Tatang 
Okenews.net--Penyakit scabies merupakan penyakit kulit dan wajar diderita ternak, yang mana penyakit tersebut umumnya diderita hewan.

Gejala gatal gatal pada kulit penyakit ini umumnya disebabkan karna perubahan musim dari musim panas ke musim hujan dan kandang yang kurang terurus dan kumuh.

"Scabies merupakan penyakit umum yang tidak begitu berbahanya, hanya dengan beberapa penanganan penyakit Scabies ini bisa disembuhkan, asal para peternak segera melapor," ungkap Kepala Bidang Keswan dr. Hul Tatatng, Rabu, (24/04/2024)

Hul Tatang menyebut, penyakit ini kerap terjadi pada hewan ternak kambing, yang disebabkan dengan kandang yang kumuh dan kotor, buruknya pola makan yang kurang bergizi pada hewan ternak.

Penyakit Scabies merupakan penyakit kulit yang diderita oleh hewan ternak, berupa gatal, yang menyebabkan hewan ternak bisa mengalami kurangya pergerakan dan nafsu makan pada hewan ternak,

Tak hanya itu harga jual juga kadang cenderung murah untuk hewan ternak yang mengalami penyakit kulit jenis Scabies tersebut,

Dinasa Peternakan Kabupaten Lombok Timur himbau seluruh peternak untuk segera melaporkan hewan ternaknya jika mengalami gatal gatal, agar secepatnya dilakukan penanganan oleh petugas.

Menurut Hul Tatang, penyakit scabies ini penyakit ringan, ternak yang banyak mengalami penyakit scabies hanya baru muncul di kawasan tanjung ringgit, karna kurangya makanan rumput bagi hewan ternak,

"Saya berharap para peternak untuk segera melaporkan ternaknya ke pihak pihak terkait yang telah disediakan," tambahnya.

Hultatang juga menghimbau agar peternak tak perlu hawatir denagan penyakit tersebut, karna menurutnya, scabies ini merupakan penyakit yang ringan.

"Scabies ini penyakit ringan, cukup dengan di obati penyakit tersebut bisa aman," sambungnya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak mengkonsumsi daging hewan yang terkena secabies,

"Saya harap sebelum di konsumsi, hewan yang terkena scabies harus smbuh dulu," tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments