Lombok Barat Siap Kembangkan Smart City - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Kamis, 01 Oktober 2020

Lombok Barat Siap Kembangkan Smart City

OkeNews.net - Mewujudkan Kabupaten Lombok Barat NTB menjadi smart city atau kota pintar adalah suatu tujuan yang harus diperjuangkan. Lombok Barat komitmen dan siap mengembangkan smart city terutama mewujudkan pilar smart governance. Wujud komitmen itu adalah meletakkan pengembangan smart city pada RPJMD Lombok Barat.



Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat H. Baihaqi ketika membuka Bimtek Daring Aplikasi si Maya di ruang Umar Maya Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (1/10/2020).


Ia berharap, peserta pelatihan untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dengan harapan dapat mewujudkan kabupaten yang smart governance di Lombok Barat.


“Tolong kepada peserta dari OPD untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena implementasi dari pelatihan ini akan dimulai tahun depan," harapnya.


Setidaknya Lombok Barat akan mengembangkan lima smart yaitu smart people, smart economy, smart mobility,  smart environment, smart government, dan smart living. Sementara ini menurut  Baihaqi akan fokus pada smart government karena smart economy sudah mulai berjalan.


Smart economy sudah mulai jalan  contohnya saya memesan kepiting rebus melalui hape beberapa menit sudah datang," ungkapnya mencontohkan.


Mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan aplikasi Si Maya dapat bermanfaat untuk mendukung dan meningkatkan kinerja ASN, Distribusi surat menyurat tanpa batas waktu dan jarak, kelancaran komunikasi dalam tata naskah dinas, efektif dan efisien waktu, sumber daya, tenaga dan biaya.


Penggunaan aplikasi Si Maya terutama sebagai pengguna sangatlah bermanfaat antara lain bagi pimpinan memiliki akses menerima surat masuk, memeriksa dan mendisposisi surat, tata usaha memiliki tugas menerima surat masuk, mengagendakan, menscan surat masuk manual, mengirim dan mengagendakan surat keluar,  menscan surat keluar manual serta melihat riwayat disposisi. Sedangkan staf memiliki tugas menerima disposisi, membuat konsep, dan mengirim konsep sesuai disposisi.


Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat dalam laporannya mengatakan, bimbingan teknis (Bimtek) daring aplikasi Si Maya diikuti oleh seluruh OPD masing-masing dua orang peserta selama dua hari kerja mulai hari ini hingga besok.


Dikatakan, aplikasi Si Maya adalah aplikasi administrasi perkantoran berbasis web yang dikembangkan Kementerian Kominfo. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja dan prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan. 


“Aplikasi Si Maya merupakan salah satu tools, trobosan untuk percepatan birokrasi, pengambilan keputusan  dan layanan publik tanpa batas waktu dan tempat sebagaimana amanat Perpres 95/2018 tentang  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kedepan harapan kami agar penggunaan Aplikasi Si Maya ini dapat dibuatkan payung hukum penggunaan berupa Peraturan Bupati,” katanya.


Pada saat ini Diskominfotik Lobar selaku keading sektor dalam pengembangan teknonogi dan informasi (TI) di Kabupaten Lombok Barat beberapa bulan yang lalu telah menggunakan semua proses surat menyurat melalui aplikasi Si Maya ini,” tutupnya. 


#Sumber: lombokbaratkab.go.id