Bupati Lobar Kunjungi Korban Puting Beliung - Okenews.net | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Kamis, 01 Oktober 2020

Bupati Lobar Kunjungi Korban Puting Beliung

OkeNews.net – Angin puting beliung meluluhlantakkan beberapa rumah warga di Dusun Medain Barat dan Medain Timur, Desa Badrain Kecamatan Narmada, Rabu kemarin(30/09/2020) pukul 15.00 wita. Tidak ada korban jiwa namun menimbulkan kerusakan rumah warga mencapai 47 kepala keluarga (KK).



Hari ini, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid langsung turun ke Lokasi meninjau keadaan warga yang terkena dampak angin puting beliung tersebut. H. Fauzan Khalid langsung menghampiri rumah warga dan memberikan bantuan kepada mereka, Kamis (01/10/2020).


Fauzan menyampaikan, langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mengantisipasi kejadian semacam ini. Pertama, akan memastikan korban mendapatkan bahan pokok yang memadai. Kedua, akan membantu perbaikan rumah korban dengan menyediakan semua material yang dibutuhkan, dan ketiga nanti akan kerja sama dengan TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial, dan kepolisian.


Bupati Lobar H. Fauzan Khalid berharap kepada seluruh masyarakat untuk ikut kerja sama dalam menangani musibah ini. "Insya Allah besok sudah kita mulai pengerjaannya, dan saya berharap kepada seluruh masyarakat agar ikut berpartisipasi dan gotong royong agar warga yang tertimpa musibah merasa terhibur dan tidak terlalu terbebani,” harapnya.


Sementara itu Kepala BPD Lombok Barat, Mahnan mengatakan telah mengelontorkan bantuan berupa bahan makanan dan material. “Kami koordinasi dengan TNI Polri untuk tanggap daruratnya. Tidak hanya support logistik yang kami berikan tapi kami juga akan perbaiki kerusakan yang ada,” ungkapnya.


Mahnan juga mengungkapkan, telah berkoordinai dengan Kepala Desa Badrain untuk memberikan bantuan yang dianggap efektif untuk warga. “Kemarin kami sudah koordinasi dengan kepala desa. Selimut dan terpal kemarin malam sudah kami berikan. Sekarang kami sedang hitung kebutuhannya dengan posisi material saat ini, jika ada bahan yang masih bisa dipakai kita pakai lagi, tetapi untuk spandek mungkin nanti riskan untuk dipakai kembali” lanjutnya.


Sedangkan Kepala Desa Badrain Romi Purwandi menceritakan, wilayah yang terdapak mencapai 47 KK yang berada di Dusun Medain Barat dan Dusun Medain Timur, dengan rincian 9 Rumah rusak berat, 9 rumah rusak sedang dan 29 rumah rusak ringan.


"Ada 47 KK yang terdampak di dua dusun yaitu Dusun Medain Barat dan Dusun Medain Timur, dengan rincian 9 rumah rusak berat, 9 rumah rusak sedang, dan 29 rumah rusak ringan,” jelasnya.


Korban saat ini mereka dibuatkan tenda tempat tinggal untuk sementara waktu sampai rehabilitasi selesai dilakukan. 


Pasangan suami istri Ajis dan Masyatun saat diwawancarai mengaku telah menerima bantuan dari tadi malam. “Kami sudah diberikan bantuan dari tadi malam berupa selimut, mie instan, sama dibuatkan tenda” tukasnya.


Mereka merasa sangat terbantu dengan perhatian dan bantuan yang diberikan Pemda apalagi pekerjaan mereka hanya sebagai tukang bekam, sehingga sulit jika mereka menggungnya sendiri.


#Sumber: lombokbaratkab.go.id