Lomba MRC 2020, MAN 1 Lombok Timur Wakili NTB - www.okenews.net | selalu oke di hati | All rights reserved

Breaking

Halaman

Kamis, 22 Oktober 2020

Lomba MRC 2020, MAN 1 Lombok Timur Wakili NTB

OkeNews.net - Sejumlah siswa-siswi Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur (Lotim) wakili Nusa Tenggara Barat dalam Lomba Madrasah Robotic Competitions (MRC) 2020. Dalam kompetisi itu, siswa-siswi madrasah dengan segudang prestasi itu mengikuti tiga kategori dari 7 kategori lomba yakni, kategori robot underwater, robot maze solving, dan internet of thinks.


Lomba MRC 2020 merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat madrasah se-Indonesia diselenggarakan secara virtual oleh Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) di bawah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada bulan November 2020 mendatang.


Dalam lomba MRC itu peserta dituntut untuk memberikan penjelasan mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan sampai menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang sehingga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.


Kepala MAN 1 Lombok Timur, M Nurul Wathoni mengatakan, siswa-siswi MAN 1 mengikuti tiga kategori dari 7 kategori lomba. Untuk kategori robot underwater siswa MAN 1 ada 2 tim yang terdiri atas tim A yakni Husnul Huda Galih Saputra kelas XII MIIA 3 dan M. Rusli Ar Rasyid kelas XII MIIA 2.


"Sedangkan Tim B, Baiq Ulaya Fitriani kelas XI MIIA 1 dan M. Dinner Haqqi Saefi kelas XI Agama dengan karya under water ROV robot pemindah barang dalam air disimulasikan dengan memindahkan kelereng dalam air," ujar Wahtoni, Kamis (22/10/2020). 


Untuk kategori robot maze solving juga dibagi dua tim. Tim A terdiri atas Hery kurniawan kelas XI MIIA 1 dan Faris Sayyid Alghazali kelas XI IIS 1. Sedangkan tim B yakni Surya Herdianto Utomo kelas XII MIIA 1 dan M. Juliadin Putra Nugraha kelas X MIIA 1. 


"Karyanya berupa robot maze solver yakni sebuah robot yang bekerja untuk menyelesaikan masalah dengan menentukan waktu tercepat dalam mencapai tujuan atau finish," ujar kepala madrasah yang banyak mengantarkan MAN 1 Lotim ini meraih prestasi.


Selanjutnya kategori IoT makers hanya satu tim yakni Sahabu Rifa'i kelas XII MIIA 2, dan M. Sya'rowi Ismail kelas X MIIA 5 dengan karya berupa Smart Garden yakni mesin penyiram otomatis dengan aplikasi android berbasis IoT.


BACA: Lomba Pembuatan Aplikasi, Siswa MAN 1 Lotim Wakili NTB di ITS 


Disebutkan, siswa MAN 1 Lotim sudah mengikuti 3 kali lomba dengan meraih  juara. "Dari 3 kali lomba, kita meraih 2 kali juara pada ajang robotik madrasah tingkat nasional sebelumnya. Jadi selama 3 tahun ada lomba robitik madrasah, MAN 1 Lotim tiap tahun lolos wakili NTB. Sekarang masuk tahun ke 4 ikuti lomba juga mewakili NTB," ujarnya.


Ia menegaskan, saat ini siswa sedang melakukan persiapan dan pemantapan di bawah bimbingan para ahli dibidangnya. "Kami memiliki dua pembina andalan yakni Habib Averousd, S.Kom dan Rasyid Hardi, M.Pd. Keduanya yang telah membimbing siswa MAN 1 Lotim dalam hal robotik selama ini," ujarnya.


Wathoni juga menambahkan, lomba ini akan berlangsung pada bulan Nopember 2020 tapi bulan ini (Oktober) seleksi proposalnya. "Yang lolos seleksi proposal dan prototypenya akan melaju menjadi peserta lomba secara virtual pada bulan November 2020 ini. Semoga lomba kali ini juga MAN 1 Lotim meraih juara," harapnya.