Pokja Relawan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa Batu Nampar Gelar Bimtek - OKENEWS.NET | PT Bintang Mediaoke Pratama. All rights reserved

Breaking

Halaman

Selasa, 27 April 2021

Pokja Relawan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa Batu Nampar Gelar Bimtek

Okenews - Tim Kelompok Kerja (Pokja) Relawan Pemutakhiran Data Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Batu Nampar  Kecamatan Jerowaru menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek), pada Selasa (27/04/2021) di aula kantor desa setempat.

Bimtek Pokja Relawan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa Batu Nampar

Ketua Pokja Relawan Pemutakhiran Data desa,  Burhanuddin, S.Pd.I mengatakan, tujuan penyelenggaraan Bimtek tersebut untuk memberi bekal pemahaman secara teknis kepada para relawan. 


Menurut Burhanuddin  yang juga Sekdes Batu Nampar ini, banyak sekali daftar pertanyaan yang harus dipahami oleh para relawan dalam kuesioner pendataan.


“Melalui bimtek ini, kami berharap agar relawan benar-benar memahami daftar pertanyaan yang ada dalam kuesioner ketika turun ke lapangan sehingga data yang diperoleh benar-benar valid,” paparnya.


Dijelaskan, pemutakhiran data desa tersebut sangat penting. Sebab, selain sesuai arahan dari Kementerian Desa, nantinya desa memiliki data sendiri, yang dapat diakses oleh masyarakat desa.


Kegiatan Bimtek pemutakhiran data tersebut juga dihadiri oleh Tenaga Ahli  P3MD Kabupaten Lombok Timur yang juga sekaligus menjadi tutor dalam kegiatan tersebut.


Menurut Hamdani, salah satu Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lombok mengatakan, Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan perencanaan kegiatan pembangunan yang berkelanjutan.


“Dengan SDGs ini, nantinya pembangunan di desa akan diselenggarakan secara berkelanjutan, sekaligus singkron dengan program pembangunan dari pemerintah pusat,” katanya.


Selain itu, melalui pemutakhiran data desa, masyarakat dan pemerintah desa dapat memprioritaskan pelaksanaan pembangunan di desa setempat.


Secara garis besar, SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli pendidikan, dan desa ramah lingkungan untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.


“SDGs Desa juga menjadi roh pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021,” tutupnya.


Sementara itu,

Pendamping Lokal Desa (PLD) Ridwan mengatakan, setelah Bimtek ini, relawan akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. 


"Kami berharap relawan benar-benar melaksanakan pendataan sesuai petunjuk yang dibahas dalam kegiatan ini,” pungkas Ridwan.


#Jurnalis: Farid Ma'ruf | Editor: Am. Aliya