Keren...! Sarang Walet Kateng Tembus Pasar Eropa - www.okenews.net

Jumat, 18 Juni 2021

Keren...! Sarang Walet Kateng Tembus Pasar Eropa

Okenews - Keren...!!! Pasaran sarang walet di Desa Kateng Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah bukan tembus pasar Asia, namun tembus pasar Timur Tengah, bahkan Eropa.

Sarang Walet (foto google)


Budidaya burung walet di Kateng dimulai sejak 2018. Saat ini, budidaya yang dikelola Yayasan Amar Sasambo sudah diekspor ke berbagai negara. 


Pasaran sarang walet tidak hanya tembus Asia, walet asal Kateng bahkan sudah tembus pasar Timur Tengah dan Eropa," ungkap Dewan Pembina Yayasan Amar Sasambo Drs. Saswadi, Jumat (18/06/2021).



Lebih lanjut ia menjelaskan, pengolahan walet binaannya sudah mempekerjakan puluhan warga setempat yang telah diberikan pelatihan khusus. Kedepan keberadaan budidaya walet di Kateng diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.


"Satu kilogram membutuhkan 10 pekerja dengan upah Rp 3 juta. Misalnya dalam satu kali pengiriman mencapai ratusan kilogram, maka akan membutuhkan ratusan kariawan," jelasnya.


Ia berharap keberadaan budidaya walet tersebut bisa mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Sedangkan perwakilan Bank Indonesia (BI) perwakilan NTB, Iwan Kurniawan mengungkapkan, eksport salang walet NTB terbuka luas.


Dari diskusi dengan beberapa pihak di luar negeri, pasar eksport merata di semua negara khususnya China dan kawasan Asia lainnya.


Adapun dukungan yang akan diberikan dari pihak perbankan adalah pendampingan usaha dan pelatihan bagi karyawan. Termasuk juga memudahkan penerbitan izin eksport walet dan masih banyak lagi bentuk dukungan lain yang bisa diberikan. (Dar)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments