9 Mahasiswa UNHAM Ikuti Kuliah di PT Ternama di Indonesia - www.okenews.net

Sabtu, 25 September 2021

9 Mahasiswa UNHAM Ikuti Kuliah di PT Ternama di Indonesia

Okenews - Sebanyak 9 orang mahasiswa program studi Pariwisata, Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniro (FBSH) Universitas Hamzanwadi lulus seleksi dan mendapatkan kesempatan kuliah di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.



Perguruan tinggi itu, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Pelita Harapan. Mereka akan belajar untuk menimba ilmu pengetahuan dengan masing-masing bidang keilmuan yang telah diprogramkan prrguruan tinggi. 


"Mereka adalah Muhammad Ali Shabani, Nurjannah, Malindo Risma Arisanti, Najhan Mardiana, Nania Fitriani, Resti diah fitriani, Siti Asma’ul husna, Siti sakdiyah, dan Dhiyaurrohman Murodi," ujar Korprodi Pariwisata Irwan Rahdi, Sabtu (25/09/2021).


Rencananya, mereka akan mengikuti mata kuliah Kewirausahaan berbasis teknologi dan ekowisata di UGM. Sementara di UI mereka akan belajar Islamic Business. Dan pengantar ilmu komunikasi dan ilmu politik di UPH.


Irwan Rahadi menyebutkan, program ini merupakan implementasi dari Program Beasiswa Merdeka Belajar untuk semua yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka dengan memanfaatkan mata kuliah di  Indonesia Cyber Education Institute (ICE Insitute).


Hal ini berdasarkan Surat Dirjen Dikti No: 0422/E.E2/PB.03.00/2021 Perihal Pemanfaat Matakuliah di ICE Institute bagi mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia supaya mahasiswa bisa ikut belajaran  di perguruan tinggi itu.


Setiap peserta, kata Irwan telah mengikuti seleksi internal di perguruan tinggi, dan setiap matakuliah yang ditempuh di perguruan tinggi tersebut akan diakui dan dikonversi menjadi penilaian matakuliah di progtam studi pariwisata.


“Harapannya, mereka akan memiliki pengalaman lebih banyak dengan belajar di kampus luar, serta memiliki pemahaman dan wawasan yang lebih luas,” imbuh Irwan Rahadi.


Lebih lanjut ia memaparkan, Prodi Pariwisata merupakan prodi termuda di Universitas Hamzanwadi. Prodi ini didirikan berdasarkan SK Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia 855/KPT/I/2018 tanggal 5 Oktober 2018.


"Saat prodi pariwisata telah terakreditasi dengan predikat baik. Hal ini berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 9808/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2021," paparnya.


Sebagai prodi termuda, pihaknya harus terus belajar dan berusaha meningkatkan kualitas agar setara dengan prodi-prodi yang lain di Universitas Hamzanwadi. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan program magang ke luar negeri.


"Program magang ke luar negeri ini sebagai bagian dari cara kami berkompetisi dalam menyiapkan alumni-alumni yang siap kerja, sesuai dengan kebutuhan di lapangan, serta mampu berkontribusi pada Pengembangan Pariwisata di NTB,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments