Bupati Sebut Ratusan Koperasi di Lotim Mati Suri - www.okenews.net

Minggu, 28 November 2021

Bupati Sebut Ratusan Koperasi di Lotim Mati Suri

Okenews.net - Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mengingatkan Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lotim untuk memperhatikan keberadaan ratusan koperasi di Lombok Timur. Terutama koperasi yang tidak aktif atau mati suri.


“Dari 541 koperasi yang ada di Lombok Timur, 239 yang aktif, sisanya mati suri,” ungkap Sukiman Azmy pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda Lombok Timur yang berlangsung Sabtu (27/11/2021) di Aula LLK Selong.


Bupati juga meminta Dekopinda untuk melakukan inventarisasi aset-aset koperasi yang ada kemudian melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk memajukan koperasi di daerah ini.


Hal ini ditegaskan mengingat, sejumlah aset koperasi saat ini banyak yang dikelola secara pribadi. Dengan inventarisasi dan pengelolaan yang baik, bupati yakin koperasi menjadi lebih baik.


Secara kewenangan, kata bupati, Dekopinda menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang untuk melakukan hal tersebut. 


Kaitan dengan itu Dekopinda diminta untuk memberdayakan seluruh Koperasi, salah satunya melalui penggabungan koperasi di masing-masing tingkatan. Dengan begitu seluruh koperasi menjadi berdaya. 


Apalagi Kementerian Koperasi menjanjikan dukungan pendanaan hingga miliaran rupiah bagi gabungan koperasi yang dikelola secara terbuka. Oleh karena itu Dekopinda diharapkan dapat melakukan pembinaan kepada koperasi yang ditangani dengan baik.


Tidak kalah pentingnya menurut bupati, bahwa di era teknologi ini membutuhkan inovasi guna mencapai kemajuan. Karena itu, bupati mengingatkan pentingnya upaya digitalisasi koperasi. 


Hal itu sesuai tema Rakerda “meningkatkan silaturahmi dan koordinasi dalam mewujudkan koperasi yang maju dan mandiri serta siap bersaing di era digital”. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments