Keren...! Tim Jurnalis MAN 1 Lotim Berjaya di Ajang Lomba Jurnalistik - www.okenews.net

Kamis, 18 November 2021

Keren...! Tim Jurnalis MAN 1 Lotim Berjaya di Ajang Lomba Jurnalistik

Okenews.net - Prestasi seakan tiada henti terus diukir oleh siswa dan guru MAN 1 Lotim. Hampir setiap hari dan minggu selalu saja ada torehan prestasi yang dapat dipersembahkan bagi MAN 1 Lotim. 


Kali ini, tim jurnalis binaannya berjaya pada lomba Pelatihan Jurnalistik (PELASTIK) tingkat umum yang digelar LPM Marginal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRAM mulai tanggal 2 sampai 18 Nopember 2021.


Dari 4 tim siswa MAN 1 Lotim dari ektra kurikuler Jurnalistik berhasil menyaingi lawannya. Untuk lomba video narasi pemberitaan berhasil merebut juara 1 dan juara 3. 


Sedangkan pada lomba   penulisan opini, tim meraih juara 3 dan 4 dengan hadiah berupa piala bergilir, sertifikat, dan dana pembinaan bagi para pemenang. 


"Pada lomba ini, ada 4 tim yang diterjunkan. Dua tim video narasi, dan duanya lagi tim penulis opini. Semuanya berhasil meraih juara," ujar Pembina Jurnalistik MAN 1 Lotim Bohari Muslim, Kamis (18/11/2021). 


Untuk tim 1 terdiri dari, Baiq Deswita Karina Putri (XI MIIA 1),  M. Wahyu Hilal Abroor (XI MIIA 2), Taufan Nurhidayatullah (XI MIIA 2).


Sedangkan tim 2 terdiri dari Rafif Mardiyanto (XI IIS 4), Weni Cahya Farhaini (XI IIS 1) dan Lalu Idrak Yadafi Fatan Nuraga (XI MIIA 4).


"Untuk tim penulisan opini terdiri dari dua orang yakni Baiq Olifiya Sri Patmi (XII MIIA 4) dan Anisa Aulia Putri (X MIIA 2)," papar Bohari didampingi Evi Pebriana selaku Mentor Study Club Jurnalistik. 


Bohari menyebutkan, pembinaan minat dan bakat siswa di MAN 1 Lotim telah terfasilitasi dengan adanya 40-an ekstrakurikuler yang didukung penuh oleh pihak madrasah. 


"Wabil khusus pimpinan madrasah termasuk dukungan pembiayaan lomba dan ruang kreasi lainnya yang bisa memacu siswa untuk berprestasi," paparnya.


Makanya jangan heran, kata Bohari, kalau prestasi demi prestasi selalu dapat diraih oleh MAN 1 Lotim pada semua bidang karena pengaturan sistem dan dukungan madrasah luar biasa. 


Hebatnya lagi, untuk lomba siswa rata-rata 30-an lomba setiap bulan yang diikuti oleh siswa dan pembina dan gerbong lomba ini langsung dikomandoi pimpinan madrasah. 


"Jadi, guru semakin giat dan siswa tersemangati untuk berkompetisi," tutur Bohari dengan penuh percaya diri. 


Sementara itu, M Nurul Wathoni Kepala MAN 1 Lotim yang sudah banyak membawa madrasah mencapai prestasi puncak ini menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya pada prestasi tim jurnalistik. 


"Hanya ada satu kata untuk kalian, kalian hebat dan luar biasa," ungkap Wathoni penuh haru seraya menegaskan, bahwa melahirkan siswa prestasi butuh komitmen bersama.


"Komitmen semua warga madrasah dalam mendukung dan mengawal program ektra dan pembinaan prestasi dan itu yang kita coba lakukan di MAN 1 Lotim," tuturnya. 


"Alhamdulillah hasilnya nyata dan kita berhasil membalikan stigma publik yang menganggap madrasah hanya bisa berdoa saja," sambungnya. 


Namun terbukti, dalam beberapa tahun ini justru prestasi anak madrasah termasuk MAN 1 Lotim  telah menunjukkan eksistensi dalam banyak bidang. 


"Kedepan kita berharap kalau pemimpin masa depan adalah mereka yang sudah memiliki kualitas SDM yang teruji supaya pelayanan pada rakyat lebih efektif, efisien, dan bermanfaat," tutup Wathoni. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments