MAN 1 Lotim Sabet Juara Nasional TTG Bidang Kelautan - www.okenews.net

Selasa, 02 November 2021

MAN 1 Lotim Sabet Juara Nasional TTG Bidang Kelautan

Okenews.net - MAN 1 Lombok Timur NTB kembali menyabet juara nasional pada lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) dalam bidang penelitian. Kali ini menyabet predikat juara 2 dan 3 dalam Lomba Maket Teknologi Tepat Guna (TTG) Bidang Kelautan yang digelar oleh Institut Teknologi Surabaya (ITS). 


Pembina KIR Man 1 Lombok Timur Bukhori Muslim menuturkan, lomba yang bertajuk Seatrans Festival (Transfest) 2021 tersebut merupakan event terbesar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Tekhnik Transportasi Laut FTK-ITS. 


Kegiatan ini dilakukan sebagai bukti nyata bahwa Teknik Transportasi Laut FTK-ITS mampu berkontribusi dalam perkembangan teknologi maritim di era revolusi industri 4.0 ini. 


"Lomba TRANSFEST 2021 ini digelar secara virtual, dimana tahap awal adalah seleksi vidio karya inovasi (September), kemudian tahap selanjutnya yaitu pembuatan proposal karya ilmiah. Terakhir adalah tahap persentasi secara virtual," ujarnya. 


Adapun siswa siswi yang berhasil meraih gelar juara dalam TRANSFEST tahun ini,  Baiq Nabila siswa kelas XI IPA1, Yuni Alifia kelas XI IPA 4 dan M Sya'rowi Ismail kelas XI IPA 5 yang mampu meraih juara 2 dengan karya inovasi bernama Seacebo (Sea Cleaning Boat) yakni alat pembersih sampah laut yang berbasis IoT. 


Juara 3 diaraih oleh tim 2 yaitu, Arif Ansor XI IPA 2, Nisa Isma Rahayu X IPA 2, dan Ahmad Kholil Daffa XI IPA 1 dengan karya inovasi bernama Ecobox, yakni sebuah rancangan pendingin ikan bertenaga angin guna meningkatkan daya saing di bidang Maritim.


Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menuturkan, siswa-siswi yang lolos Tranfest tahun ini melewati banyak tahap, di antaranya tahap pembuatan vidio, tahap pembuatan proposal, sampai tahap terakhir yaitu persentasi.


"Alhmdulilah semua tahap dapat dilewati dengan baik oleh siswa siswi sehingga 2 Tim MAN 1 Lombok Timur berhasil lolos dan keluar sebagai juara 2 dan 3 dengan berupa piala," ucapnya.


Selain piala, juga ada sertifikat dan uang pembinaan untuk juara 2 sebesar Rp3 juta, dan juara 3 sebesar Rp2 juta," ungkapnya saat mendampingi siswa menerima penghargaan, Selasa (02/11/2021). 


Di tempat lain, apresiasi atas pencapaian MAN 1 Lotim yang luar biasa datang dari berbagai pihak, terutama Kakanwil Kemenag NTB, Dr. KH. Zaidi Abdad. Ia menyampaikan, prestasi siswa madrasah di NTB sudah banyak mengharumkan nama daerah di kancah nasional. 


Menurutnya, tradisi meraih prestasi siswa madrasah ini harus terus dipelihara, hal ini tentu membutuhkan dukungan berbagai pihak termasuk komitmen guru dan kepala madrasah.


Guru dan kepala madrasah harus terus menerus dan giat mengembangkan potensi bakat siswa dalam penguasaan berbagai bidang termasuk penguasaan TTG, seperti yang sudah sudah ditunjukkan secara nyata oleh siswa MAN 1 Lotim.


Kedepan Kakanwil Kemenag NTB berharap agar prestasi siswa madrasah dapat diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi NTB. "Kami berharap agar prestasi siswa madrasah yang memiliki talenta untuk kemajuan daerah dan bangsa dapat diapresiasi," harapnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments