Sangaji, Program Keagamaan MAN 1 Lotim Khatam Qur'an Setiap Hari - www.okenews.net

Kamis, 07 April 2022

Sangaji, Program Keagamaan MAN 1 Lotim Khatam Qur'an Setiap Hari

Pelaksanaan kegiatan keagamaan MAN 1 Lotim

Okenews.net
- Menindaklanjuti surat edaran Kanwil Kemenag NTB tentang KBM Bulan Ramadhan 1443 H dan program kerja Kakanwil Kemenag NTB berupa literasi Al-Qur'an serta program  madrasah, MAN 1 Lotim  menggelar berbagai kegiatan keagamaan.

Kegiatan itu diharapkan memiliki manfaat dan bernilai ibadah. Kegiatan Belajar Mengajar dimulai pagi hari dari jam 06 45 sampai 08.00 Wita diawali dengan sholat duha bersama.

Setelah itu dilanjutkan dengan satu jam mengaji (Sangaji) al-Qur'an. Setiap siswa dibagikan bacaan surah perkelas sehingga setiap hari dilaksanakan khataman al-Qur'an.

Dalam menyukseskan program Sangaji ini, pihak madrasah membentuk tim pendamping guru yang terdiri dari dua orang guru perkelompok siswa yang nantinya mengawal dan mengontrol  kegiatan siswa.

"Hal itu dilakukan agar bisa tepat sasaran yakni bisa hataman al Qur'an setiap hari," ungkap Waka Humas MAN 1 Lotim L Dedi Mardono, S.Ag, Kamis (07/04/2022).

Selain kegiatan Sangaji, pihak madrasah melaksanakan tausyiah ramadhan yang dilakukan 2 kali seminggu yakni setiap Jumat dan Sabtu pagi.

Melalui ORSIMA, MAN 1 Lotim juga menggelar berbagai event lomba internal siswa berupa lomba tartil dan tausiyah antar kelas, lomba takjil Ramadhan, dan Bazzar Ramadhan yang akan digelar menjelang libur idul fitri.

"Semua pembiayaan dan hadiah lomba disiapkan pihak madrasah. Dan digelarnya lomba ini juga dalam rangka menambah pengalaman sekaligus mencari bibit siswa yang akan digembleng lebih lanjut untuk menjadi siswa berprestasi dan lainnya,' ungkap L Dedi. 

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menambahkan, menjelang libur akhir April ini, pihak madrasah juga secara rutin melaksanakan kegiatan pengumpulan zakat fitrah, infaq dan sadaqah dari seluruh siswa MAN 1 Lotim.

"Hasil pengumpulan akan didistribusikan ke warga sekitar lingkungan madrasah, panti asuhan, masjid, para siswa dan pihak lainnya yang telah diatur dalam ketentuan agama," paparnya.

Puncak rangkaian kegiatan Ramadhan di MAN 1 Lotim akan digelar kegiatan peringatan Nuzul Qu'ran di MAN 1 Lotim yang akan dirangkaikan dengan Bazzar Ramadhan. 

Dalam kegiatan bazar ini nantinya diminta semua kelas membuat stand bazar dengan menampilkan kreasi pangan, takjil yang dibuat siswa sebagai ruang untuk mereka bisa mempraktikkan pengajaran mapel prakarya dan kewirausahaan.

"Karena dalam pengajaran mapel ini diajarkan tentang bagaimana mengolah pangan dan lainnya dan setiap stand nanti akan disubsidi pihak madrasah dan ada penilaian untuk menentukan juara stand bazar terlaris satu sampai tiga dan seterusnya," tuturnya.

Pihak madrasah juga akan memberikan hadiah menarik. "Kita berharap agar kegiatan-kegiatan baik ini  mendapatkan dukungan semua pihak di MAN 1 Lotim agar bisa berjalan sukses dan memiliki manfaat  dan membawa keberkahan," harap Wathoni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments