Dies Natalis ke-6, Poltekpar Lombok Buka Program Pascasrajana - www.okenews.net

Rabu, 11 Mei 2022

Dies Natalis ke-6, Poltekpar Lombok Buka Program Pascasrajana

Suasana acara dies natalis Poltekpar

Okenews.net
- Poltekpar Lombok sukses menggelar Dies Natalis ke-6 dengan tema yang diusung membangun sumber daya manusia yang berkelanjutan mandiri dan berwirausaha. Diumurnya yang ke-6 Poltekpar Lombok terus melangkah lebih maju. 

Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja mengatakan, tahun ini pihaknya menambah satu program studi (Prodi) pascasarjana S2 dan dua prodi baru.

"Program studi S2 yang kami buka adalah S2 Kepariwisataan dan dua prodi baru yani D4 spesial event dan D4 pariwisata berkelanjutan," katanya, Rabu (11/5).

Menjawab perkembangan dan kemajuan pariwisata di NTB, Poltekpar Lombok saat ini memiliki empat prodi. Di antaranya, D4 pengaturan perjalanan, D3 devisi kamar, D3 tata hidang dan D3 seni kuliner. 

"Kami harapkan lulusan-lulusan Poltekpar Lombok siap kerja dan siap membuka lapangan pekerjaan baru. Kami pastikan lulusan Poltekpar Lombok berkualitas dan mumpuni," ujarnya.

Untuk menunjang semua itu, dibutuhkan sumber daya manusia dan kapasitas para dosen untuk terus ditingkatkan.

"Sertifikasi-sertifikasi dosen juga terus ditambah. Sehingga mereka benar-benar mampu mengaktualisasikan ilmu pengetahuannya masing-masing untuk kalangan mahasiswa," jelasnya.

Sebagaimana pesan Menteri Sandiaga Salahuddin Uno, pihaknya juga diminta untuk menambah kuota penerimaan mahasiswa empat kali lipat dari rencana sebelumnya.

Untuk mengejar target tersebut, Poltekpar Lombok akan bergerak secara masal dan masif. Turun ke sekolah-sekolah dan masyarakat. Tujuannya untuk memperkenalkan Poltekpar Lombok. Sehingga tidak dianggap membeli kucing dalam karung. 

"Sesekali, pihak sekolah-sekolah dan masyarakat di undang ke Poltekpar Lombok. Tujuannya agar lebih dikenal," ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Pemprov NTB Lalu Gita Aryadi berharap, seiring perkembangan waktu, Poltekpar Lombok semakin maju dan tetap bersama pemerintah memajukan pariwisata daerah.

Apalagi, NTB saat ini semakin dikenal dunia setelah digelarnya perhelatan MotoGP. Event dunia tersebut akan digelar sampai 10 tahun di Sirkuit Mandalika sebagaimana kontrak dengan Dorna.

"Tidak itu saja, kita juga punya sirkuit di Samota Sumbawa dan sirkuit di Lantan Kabupaten Lombok Tengah," terangnya. 

Dengan begitu, banyak event-event berskala nasional dan internasional yang digelar di Lombok dan Sumbawa. "Selain itu, NTB juga siap menjadi tuan rumah PON tahun depan," paparnya. 

Gita optimistis kunjungan wisatawan dari seluruh Indonesia dan dunia semakin banyak. Tinggal bagaimana seluruh komponen masyarakat ikut mendukung dengan cara menjaga kondusifitas daerah dan Kamtibmas. 

Lewat zoom, Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno meminta sumber-sumber daya manusia yang bergerak di bidang pariwisata harus diperbanyak. Enam perguruan tinggi negeri (PTN) di bawah Kemenparekraf RI harus menambah kuota penerimaan mahasiswa empat kali lipat.

Untuk Poltekpar Bandung terdapat 10 program studi. Kemudian Poltekpar Bali terdapat delapan program studi, Poltekpar Makassar terdapat delapan program studi dan Poltekpar Medan terdapat delapan program studi, Poltekpar Palembang dengan terdapat program studi dan Poltekpar terdapat Lombok empat program studi.

Penerimaan mahasiswa melalui dua jalur, yaitu jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pariwisata (SBMPTNP) dan jalur mandiri.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments