Bupati Lotim Berharap MTQ XXIX Mampu Menghadirkan Pengamalan Nilai-nilai Qur'an - www.okenews.net

Jumat, 01 Juli 2022

Bupati Lotim Berharap MTQ XXIX Mampu Menghadirkan Pengamalan Nilai-nilai Qur'an

Bupati Lotim HM Sukiman Azmy (4 dari kiri) bersama sejumlah hadirin di Arena MTQ 
Okenews.net - MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB tahun 2022 yang berlangsung di Kabupaten Lombok Timur dibuka secara resmi Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah, Kamis malam (30/06/2022) di Lapangan Gotong Royong Masbagik.

Pada lomba itu, sebanyak 517 orang peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dari 10 kabupaten/kota siap adu tanding kemapuan dalam berbagai mata lomba. 

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung kelancaran dan kemeriahan rangkaian kegiatan MTQ. 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB yang telah memberikan kepercayaan dalam mensukseskan kegiatan MTQ tersebut.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah se-NTB, utamanya Bupati Lombok Tengah atas dukungannya pada pawai ta'aruf sebagai rangkaian kegiatan awal sebelum acara pembukaan.

Bupati berharap, melalui kegiatan ini mampu menghadirkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Selain sebagai ajang silaturahmi, juga berhasil menggugah seluruh warga NTB untuk membaca, mempelajari, memahami, menghayati, dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Dalam laporan tersebut ia juga menguraikan rangkaian kegiatan MTQ XXIX mulai dari malam ta'aruf, pawai ta'aruf, upacara pembukaan, pelaksanaan lomba, rapat pleno dewan hakim, serta penutupan pada 6 Juli mendatang.

Dalam lomba ini terdapat delapan majelis Dewan Hakam dengan 8 mata lomba yang diikuti 517 peserta. Rinciannya, Kota Mataram 54 orang, Lombok Barat 54 orang, Lombok Tengah 54 orang, Lombok Utara 50 orang.

Sedangkan dari Sumbawa Barat 46 orang, Sumbawa 44 orang, Dompu 54 orang, Bima 54 orang, Kota Bima 54 orang, dan Lombok Timur 53 orang.

Untuk cabang tilawah golongan anak-anak, remaja, dewasa, dan cacat netra berlangsung di arena utama, Lapangan Gotong-royong Masbagik. 

Sementara itu cabang tilawah golongan Qiroatussab’ah di Majelis II Masjid Agung Al-Mujahidin Selong. 

Cabang tilawah golongan tartil dan cabang tahfiz Al-Qur’an golongan 1 juz, 5 juz, dan tilawah di Majelis III Masjid Besar At-Taqwa Pancor. 

Cabang Tahfiz Al-Qur’an golongan 10, 20, dan 30 juz di Majelis IV Masjid Jami’ Al-Akbar Masbagik. 

Cabang Tafsir Al-Qur’an golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di Majelis V Masjid Jami’ Anji Ma’ra, Desa Dasan Lekong. 

Cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an dilaksanakan di Majlis VI Gedung Wanita di Selong. 

Cabang Khottil Qur’an golongan naskah, hiasan mushaf dan dekorasi Majlis VII Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lenek.

Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) berlangsung di Majlis VIII Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lenek.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments