Noufal, Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara KSM NTB - www.okenews.net

Senin, 26 September 2022

Noufal, Siswa MAN 1 Lotim Raih Juara KSM NTB

Lalu Noufal Ar-Rasyid bersama dewan gurunya
Okenews.net - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten dan provinsi telah usai dilaksanakan secara online.

Hasilnya siswa MAN 1 Lotim berhasil meraih juara yakni juara 3 KSM kabupaten bidang Ekonomi dan Juara KSM bidang ekonomi tingkat provinsi NTB.

"Juara itu berhasil diraih L Noufal Arrasyid siswa kelas XI IPA1 MAN 1 Lotim," papar Pembina Study Club Ekonomi MAN 1 Lotim M Zakaria, Senin (26/09/2022).

Menurut Zakaria, pada lomba KSM tahun ini ada perbedaan yang cukup mendasar sehingga berpengaruh pada hasil timnya.

Sebelumnya, setiap tahun selalu berlangganan sebagai juara  tingkat provinsi NTB dan setiap tahun wakili NTB di kancah KSM Nasional.

"Tapi untuk tahun 2022 memang di luar dugaan yakni hanya sampai juara 2 provinsi NTB dan gagal melaju ke nasional," ujarnya. 

Lebih jauh dikatakan Zakaria, bahwa untuk KSM tahun ini soalnya banyak menggunakan bahasa Arab "gundul" yang menjadi kendala siswa binaannya memahami soal secara baik.

Kalau tahun sebelumnya, soal terintegrasi banyak berbahasa Arab dan Inggris namun tidak bahasa Arab "gundul". 

"Namun hasil ini tentu menjadi bahan evaluasi kami untuk persiapan KSM tahun depan yang tentu ada pembekalan siswa pada kemampuan bahasa arab gundul dan seterusnya," tukasnya.

Meski terasa berat karena butuh bimbingan khusus lagi dan memang tidak mudah. Tapi tetap harus bersemangat untuk menyiapkan tim KSM tahun depan.

"Kami berharap untuk soal KSM kedepan agar lebih fokus pada materi inti dalam olimpiade sehingga penguasaan siswa pada materi inti bisa lebih maksimal,"1 harapnya.

Sementara itu kamad MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan arpresiasinya pada capaian tim KSM Ekonomi MAN 1 Lotim.

"Walaupun gagal ke nasional tahun ini, saya tetap apresiasi karena kita tau bagaimana mereka bimbingan setiap hari selama ini luar biasa dan pihak madrasah tetap memberikan reward," ucapnya. 

Hasil KSM tahun ini tentu akan menjadi bahan evaluasi kita kedepan untuk menyiapkan siswa dengan bekal kemampuan bahasa arab gundul atau semacamnya agar hasilnya lebih baik tahun depan. Walaupun berat tapi ini tentu menjadi tantangan tersendiri. 

Diketahui, tiap tahun hampir 5 tahun berturut-turut tim KSM, Tim Myrest, Tim robotik MAN 1 Lotim selalu wakili NTB ke tingkat nasional.

"Tapi tahun ini untuk KSM kita gagal tapi untuk robotik kita akan maksimal supaya bisa wakili NTB seperti tahun lalu pada ajang kompetisi robotik madrasah," harap Wathoni.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments