Berkah, Momentum HUT MAN 1 Lotim Dapatkan Hibah Tanah - www.okenews.net

Minggu, 16 Oktober 2022

Berkah, Momentum HUT MAN 1 Lotim Dapatkan Hibah Tanah

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy (baju putih) bersama Kakanmenag, dan Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni (4 dari kanan) serta tamu lainnya
MOMENTUM peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) MAN 1 Lotim rupanya menjadi berkah. Kehadiran Bupati Lombok Timur menjadi momentum bersejarah dengan diberikan hibah berupa tanah Pemda untuk menjadi lahan parkir.

Oleh: M. Nurul Wathoni - Kepala MAN 1 Lotim

Pagi Sabtu 15 Oktober 2022 merupakan momentum peringatan HUT MAN 1 Lotim. Berbagai persiapan menyambut orang nomor satu di Lotim dan tamu lain telah rampung disiapkan panitia. Termasuk deretan acara yang bakal dilalui.

Bagi keluarga besar MAN 1 Lombok Timur, kehadiran Bupati Lotim menjadi moment yang bersejarah karena pertama kali bupati Sukiman Azmy mengahadiri HUT madrasah negeri unggulan yang terletak di pojok Kota Selong itu. 

Kedatangan orang nomor satu di Lotim itu disambut hangat oleh keluarga besar MAN 1 Lombok Timur mulai siswa yang jumlahnya lebih dari seribu orang, para guru serta para undangan lainnya baik dari pejabat Pemda Lotim, pejabat Kemenag Lotim dan para Kamad Negeri Lotim. 

Suasana penuh suka cita tampak tersirat dibalik momentum hari kelahiran madrasah yang telah menoreh prestasi gemilang sebagai bukti bahwa adanya dikotomi madrasah dan sekolah terbantahkan. 

Stigma madrasah sebagai "second class" dalam kancah pendidikan mulai bergeser, bahkan selama satu dekade ini lonjakan santri terus meningkat. Karena itu, MAN 1 Lotim terus meningkatkan semua potensi santrinya untuk kompetisi dalam berbagai event lomba.

Momentum itu juga sebagai ajang penyampaian aspirasi kepada bupati untuk meminta izin agar diberikan pinjam lahan di samping langan Porda (Lapangan Lalu Muslihin-sekarang) yang akan dipakai menjadi lahan parkir yang sudah tidak menampung kendaraan siswa dan guru.

Namun ternyata bupati menjawab lain, harapan itu malah dijawab bupati dengan memberikan hibah. Bukan sebatas pinjam. Inilah berkah dibalik momentum hari lahirnya madrasah ini.

Bupati Sukiman menyerahkan hadiah saat menghadiri HUT MAN 1 Lotim

"Silakan bapak kadis dan kepala MAN 1 Lotim tindaklanjuti secepatnya supaya bisa cepat kita tandatangani," ungkap Bupati yang disambut teriakan syukur dan takbir oleh para siswa MAN 1 Lotim. 

Menariknya lagi, MAN 1 Lotim mendapatkan pujian bupati dengan prestasi yang telah diraih. Satu sisi sebagai kebanggaan, disisi lain menjadi tantangan bagi madrasah untuk survive dan mempertahankannya, bahkan harus ditingkatkan.

Karena itu, semangat dan ghirah semua komponen madrasah harus terus dipupuk agar lebih subur, tumbuh dengan tunas-tunas baru yang lebih gemilang pada masa mendatang. Tanpa semua itu tidak mungkin MAN 1 Lotim akan meraih keberhasilan.

Pesan bupati kepada semua eleman terutama siswa agar terus menjaga prestasi dan menunjukan akhlak yang mulia atau atitude dalam kehidupan ini menjadi penyemangat. Apalagi hari ini hantaman dan penetrasi budaya luar terus merangsak nilai-nilai sosial keagamaan bangsa.

Banyaknya paham baru yang mengancam generasi pada hal-hal negatif harus dijaga. Jangan sampai benteng-benteng isme yang dianut sekarang ini luntur dan tidak mampu dipertahankan. Disinilah peran madrasah menghadirkan nilai-nilai agama untuk memperkuat posisi generasi. Wallohua'lam

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments