Momentum Hari Guru, Siswa MAN 1 Lotim Dapatkan "Kado Spesial” dari Universitas Indonesia - www.okenews.net

Sabtu, 26 November 2022

Momentum Hari Guru, Siswa MAN 1 Lotim Dapatkan "Kado Spesial” dari Universitas Indonesia

foto ist./dok
Okenews.net - Momentum Hari Guru Nasional 2022, Siswa MAN 1 Lotim dapatkan “kado spesial” berupa juara Universitas Indonesia setelah mengikuti lomba esai nasional yang digelar Fakultas Hukum.

Lomba essay tingkat nasional itu bertajuk National Critical Essay Competition 2022 dengan tema Pembaharuan Hukum Nasional di Era Revolusi Industri 4.0  dengan diikuti oleh berbagai sekolah/madrasah di Indonesia.

“Alhamdulillah, salah satu siswi MAN 1 Lotim yang selama ini aktif di ektrakurikuler PPKN Dinda Rahma Ayu sukses meraih juara tiga,” ujar pembimbing ektra PPKN MAN 1 Lotim Munawir Hadi, Sabtu (26/11/2022).

Atas torehan prestasinya ini, kata Munawir, Dinda berhak mendapatkan reward berupa piagam dan uang pembinaan dari panitia yang cukup membagakan.

Munawir, menuturkan, pada lomba tersebut MAN 1 Lotim mengirimkan 3 siswa yang selama ini aktif dalam kepembinaan, namun  yang melaju ke babak presentasi yakni dua siswa karena pada lomba esai ini dilakukan dengan dengan dua tahapan.

Pada tahap pertama, seleksi essai, dan tahap presentasi secara zoom dan hasilnya cukup membanggakan karena siswa MAN 1 Lotim bisa meraih prestasi terbaik di salah satu PTN terbaik di Indonesia.

“Kami sangat berbahagia dan bersyukur, tim siswa kami yang berada di daerah bisa bersaing dengan siswa hebat se-Indonesia.  Ini kado kami dari ektra PPKN bagi  MAN 1 Lotim di moment hari guru nasional  2022,” ungkap Munawir. 

Sementara itu, Dinda selaku peraih juara mengatakan, pada lomba kali ini menyusun essai dengan judul "Urgensi Pembuatan Aplikasi ALONE (All For One) dan Pengesahan RUU PDP".

Dari kiri: Guru Pembina Munawir Hadi, Dinda Rahma Ayu (peraih juara), dan Kepala MAN 1 Lotim M. Nurul Wathoni
Siswi asal Bongkem Sakra Timur ini menegaskan, kisruh penyalahgunaan data pribadi indonesia bukanlah suatau hal yang baru di Indonesia, lebih-lebih dalam dunia perekonomian.

Karena itu, pemerintah memiliki peran vital dalam menjaga data pribadi warga negaranya yakni dengan cara pengesahan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) sebagai payung hukum (nilai instrumental).

Namun hal tersebut bersifat represif sebagai upaya preventif untuk melindungi data penduduk dengan membuatkan aplikasi yakni ALONE (all for one), dan pemerintah memiliki kontrol, pengawasan serta perlindungan.

Atas torehan prestasi salah satu siswi MAN 1 Lotim ini, M Nurul Wathoni selaku kepala MAN 1 Lotim menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya.

Prestasi yang luar biasa, karena sukses bersaing dengan sekolah-sekolah hebat lainnya terlebih ini di PTN terbaik di Indonesia. Ini membuktikan bahwa siswa MAN 1 Lotim sudah mandiri berprestasi dan bisa sejajar dengan sekolah unggulan lainnya.

“Dan atas prestasinya ini, kami pihak madrasah juga tetap memberikan reward melalui program tebus prestasi sebagai bentuk suport atas ikhtiar siswa dalam merebut prestasi,” katanya.

Torehan prestasi yang diraih siswa MAN 1 Lotim juga mendapatkan tanggapan dari Kanwil Kemenag NTB yang disampaikan Plt Kanwil H Zamroni Aziz yang menyatakan bahwa, memang prestasi anak madrasah NTB sudah sejajar dengan sekolah unggulan.

Hal ini dibuktikan bukan saja dalam bidang non akademik tapi juga dalam bidang akademik. Dan di momentum peringatan hari guru, siswa dan guru MAN 1 Lotim 1 sudah tunjukkan itu dengan suksesnya meraih juara lomba essai hukum di Universitas Indonesia.

“Ini kado yang indah bagi kami di kemenag NTB di moment Hari Guru Nasional 2022,” ungkap Plt Kanwil asal Bonder Lombok Tengah itu.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments