JCH Cadangan Diminta Segera Lunasi Tonggakan BPIH - www.okenews.net

Rabu, 10 Mei 2023

JCH Cadangan Diminta Segera Lunasi Tonggakan BPIH

Makinuddin
Okenews.net - Kementrian Agama Kabupaten Lombok Timur (Lotim) gelar pertemuan dengan Jamaah Calon Haji (JCH) 2023 yang masuk dalam kloter cadangan di aula Kemenag Lombok Timur.

Hal itu guna memberikan imbauan kepada semua JCH, termasuk cadangan untuk segera melunasi tonggakan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH)

"Kami dari Kemenag Lombok Timur mengumpulkan para jamaah yang masuk kloter cadangan untuk segera melunasi tonggakan," ungkap Kasi Haji Kemenag Lotim Makinuddin, Rabu (10/05/2023)

Undangan kepada jamaah yang masuk cadandang itu guna mengantisispasi kekosongan, dengan harapan bisa ikut serta untuk melakukan ibadah haji pada tahun 2023 ini.

Makinuddin juga menerangkan terkait kuota yang didapatkan Lombok Timur per 2023 ini sebanyak 1.068 orang, dengan JCH cadangan sebanyak 144 orang.

Dari angka tersebut yang telah melunasi BPIH sebanyak 976 orang atau sekitar 90 persen. "Dari kuota itu, sekitar 90 persen jamaah calon haji kita yang telah melunasi tonggakan biaya perjalanan," sambungnya.

Menurut informasi terbaru yang didapatkan, Lombok Timur mendapatkan kuota tambahan jamaah calon haji sebanyak 69 kursi, dari 164 kuota tambahan yang ada di provinsi.

'Kalau di lihat dari angka tersebut, peluang jemaah calon haji cadangan, besar kemungkinan untuk bisa turut berangkat," terangnya.

Berdasarkan keputusan pemerintah pusat untuk kuota JCH tahun 2023 ini khususnya Lombok Timur meninggkat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya ratusan.

Makinuddin juga menerangkan beberapa kendala para jamaah yang belum melunasi tonggakan, baik dari kondisi ekonomi, sakit, bahakan masih adanya JCH yang berada di luar negeri.

Ia juga menegaskan untuk JCH cadangan itu sifatnya tidak bisa dipastikan keberangkatanya hanya dari kabupaten/kota, namun semua itu murni keputusan dari pusat.

Jika ada kuota JCH yang tidak melunasi itu akan diisi oleh JCH cadangan, namun kita masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

"Kita di kemenag Lombok Timur menginginkan yang terbaik untuk para jamaah calon haji kita, makanya lewat kesempatan ini kita himbau kepada para calon yang masuk ke cadangan untuk segera melunasi tonggakan," ucapnya.

Sementara di Lombok Timur JCH cadangan yang 144 orang tersebut yang telah melakukan pelunasan ONH sebanyak 74 orang tahap pertama. Sementara keberangkatan kloter pertama tanggal 6 Juni 2023.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments