Libas Semua Kompetitornya, Siswi MAN 1 Lotim Borong Juara LKS di Universitas Hamzanwadi - www.okenews.net

Sabtu, 03 Juni 2023

Libas Semua Kompetitornya, Siswi MAN 1 Lotim Borong Juara LKS di Universitas Hamzanwadi

Okenews.net - Keren...! Siswi MAN 1 Lotim berhasil melibas semua kompetitornya. Seluruh jenis lomba karya seni (LKS) yang digelar Universitas Hamzanwadi berhasil diborong, tidak tanggung-tanggung mereka semua berhasil meraih juara 1. 

Lomba Reporter, juara 1 diraih Nayla Sabrina Rachim (XI IPA 4), juara 2 diraih Bq. Mariana (X IPA 1). Lomba Cerpen, juara 1 diraih Dinda Rahma Ayu (XI IPA 1), Lomba Tari Kreasi, juara 1 diraih tim Tari Kreasi MAN 1 Lotim.

Tim tari MAN 1 Lotim terdiri dari Sabrina Aulia Imani (X IPS 4), Siti Shaulatunnisa (XII IPA 3), Intan Oktapiana Saputri (XI IPS 4)  dan Alvia Hidayatullayaly (XI IOS 4) sukses mementaskan tarian berjudul Citrapata Dende juga meraih juara 1. 

Sementara juara 1 lomba cerpen diraih Dinda Rahma Ayu siswi kelas X IPA1 dengan judul cerpen Kamuflase. Pada lomba penulisan cerpen ini MAN 1 Lotim mengirimkan 3 peserta yang mengikuti lomba namun dua di antaranya belum berpeluangan sebagai juara.

Berikut ini ulasan masing-masing juara yang diborong oleh siswi MAN 1 Lombok Timur:

Juara Lomba Reporter

Pada lomba ini para peserta diminta untuk membuat liputan berita yang diupload di youtube untuk selanjutnya dinilai oleh para dewan juri.

Dari 4 tim siswa MAN 1 Lotim yang mengikuti lomba reporter ini, 2 siswa sukses meraih juara yakni juara 1 yang diraih Nayla Sabrina Rachim yang menyampaikan berita reportase  berjudul " Menggeluti Ektra Jurnalistik MAN 1 Lotim".

Sementara juara 2 direbut oleh Baiq Mariana yang menyampaikan reportase berita berjudul "Mengulik Persiapan Keberangakatan Jamaah Haji Lombok Timur Tahun 2023".  

"Kita akan dorong terus madrasah ini untuk mengikuti pola pembinaan pada ektra jurnalis MAN 1 Lotim yang sudah sukses meraih juara pada berbagai lomba presenter," tegas kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni.

Juara Lomba Tari Kreasi

Pembina Ektra Seni MAN 1 Lotim Baiq Tia Isfiarini menuturkan, pada lomba ini para peserta tari diminta untuk menampilkan kreasi tari tradisional di atas panggung untuk selanjutnya dinilai oleh para dewan juri yang ahli di bidangnya.

Tarian ini menceritakan tentang ketangguhan seorang dedare Sasak dalam menjaga citranya, digambarkan melalui gerakan memanah dan menangkis, sebagai bukti untuk menjaga citra yang ada pada dirinya.

Disisi lain, tampilan para penari di atas panggung itu mengenakan kain songket yang melekat dengan motif khas Sasak yang saat ini sudah terkenal hingga mancanegara sebagai karya tangan terampil para pengrajin.

Juara Lomba Cerpen

Pembina Ektra Bahasa Indonesia MAN 1 Lotim Nuramanah menuturkan, Pada cerpen ini, Dinda menceritakan kehidupan remaja di SMA yaitu SMA Buana yang bernama Saffa, siswa baru. Setelah mendengar sosialisasi berbagai ekstrakurikuler di sekolah itu, ia tertarik untuk mengikuti ekstrakurikuler debat. 

Saffa pun menjadi anggota esktrakurikuler tersebut. Namun perjalanan Saffa tidak seperti yang ia bayangkan. Ia selalu dihalangi oleh seniornya yang bernama Erika. 

Pada saat ada seleksi lomba debat, lembaran yang berisi mosi debat milik Saffa disembunyikan oleh Erika dan akhirnya ia gagal mengikuti lomba itu. Diakhir cerita dikisahkan ternyata lembaran itu disembunyikan Erika dengan alasan ia sentimen kepada Saffa.

Madrasah Berikan Reward

Atas torehan prestasinya ini,  semua juara MAN 1 Lotim berhasil membawa pulang penghargaan berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan dari penyelenggara LKS Universitas Hamzanwadi.

Kepala MAN 1 Lombok Timur M Nurul Wathoni menambahkan torehan prestasi yang membanggakan ini telah menambah jumlah piala yang dipersembahkan kepada madrasah.

"Torehan prestasi yang membanggakan dan tentu kita harus apresiasi. Kita selalu suport dan berikan reward pada setiap hasil prestasi siswa melalui program tebus prestasi," ungkapnya.

Capaian siswa dan pembina ini tentu harus dijadikan motivasi bagi siswa yang bersangkutan dan siswa lainnya untuk semakin semangat untuk mengikuti pembinaan dan kompetisi agar kemampuan dan pengalaman siswa terus terasah. 

Torehan prestasi ini juga menjadi perhatian Kakanmenag Lotim H Sirajuddin yang menyampaikan bahwa siswa dan pembina MAN 1 Lotim layak ditiru oleh madrasah lainnya.

Ia menegaskan, dukungan madrasah dalam pembinaan ektra dan dukungan pada keikutsertaan dalam kompetisi juga memiliki pengaruh pada dinamika prestasi siswa madrasah.

"Karena itu kita akan dorong terus madrasah di Lotim ini untuk mengikuti pola pembinaan pada ektrakulikuler MAN 1 Lotim yang sudah sukses meraih juara pada berbagai lomba," tutupnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments