KKN-PMD, Mahasiswa UNRAM Bikin Papan Petunjuk Arah Desa Wisata Labuhan Haji - www.okenews.net

Senin, 10 Juli 2023

KKN-PMD, Mahasiswa UNRAM Bikin Papan Petunjuk Arah Desa Wisata Labuhan Haji


Okenews.net - Program Kerja Kuliah Nyata atau KKN hadir dengan tujuan untuk memperoleh bantuan serta partisipasi masyarakat dalam bentuk pemikiran dan tenaga untuk merencanakan serta melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. 

Program Kelompok KKN Universitas Mataram 2022/2023 saat ini sedang menjalankan kegiatan KKN di salah satu Desa di Lombok Timur yaitu Desa Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji. 

Mahasiswa KKN UNRAM Desa Labuhan Haji dengan tema Desa Wisata telah melaksanakan program kerja utama kami yaitu, pemasangan plang petunjuk arah dan bulletin board. 

Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan suatu tempat agar mudah dikenali. Dengan adanya plang petunjuk arah, dan bulletin board dapat memudahkan masyarakat serta pengunjung yang datang ke daerah Destinasi Wisata Desa Labuhan Haji. 

Program ini telah selesai pada tanggal 7 Juli 2023. Tentunya proses pelakasanaan program ini tidak lepas dari bantuan masyarakat setempat, pemerintah Desa Labuhan Haji, serta POKDARWIS Desa Labuhan Haji. 

Ia menyebutkan, Desa Labuhan Haji memiliki potensi wisata berupa pantai dan wisata religi yang dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan desa maupun masyarakat luar desa. Wisata tersebut diantara lain Pantai Labuhan Haji, Pantai Sepolong dan wisata religi Makam Anak Iwo’. 

Berdasarkan potensi wisata yang ada di Desa Labuhan Haji terdapat permasalahan krusial yaitu, kurangnya plang petunjuk arah yang menunjukkan tempat wisata tersebut. 

Hal ini menyebabkan tidak jarang masyarakat luar atau pengunjung yang salah atau tidak mengetahui adanya tempat wisata di daerah tersebut. 

Melihat kondisi tersebut KKN-PMD UNRAM 2023 Desa Labuhan Haji berinisiatif membuat plang petunjuk arah menuju beberapa objek wisata yang ada di desa Labuhan Haji. 

Plang petunjuk arah yang dibuat menggunakan bahan tiang dan plat besi. penggunaan bahan ini, diharapkan agar plang yang dibuat dapat bertahan lama dan berkelanjutan kedepannya.

Adapun kegiatan yang dilakukan masing-masing individu  meliputi; pembelian plat besi dan tiang besi, cat, tinner, pemotongan plat besi dan tiang besi, penghalusan plat besi, mengecat plat besi sebanyak 2 kali, membuat tulisan tempat wisata, dan perangkaian plat besi menjadi plang petunjuk arah wisata dan plang denah wisata.  

Plang petunjuk arah tersebut dipasang dibeberapa titik jalan yang sudah ditentukan dan tidak jauh dari lokasi wisata. Diharapkan dengan pemasangan plang petunjuk arah wisata ini agar dapat membantu para pengunjung lebih mudah untuk mencari lokasi wisata dan memudahkan para pengguna jalan untuk mengetahui adanya wisata di desa Labuhan Haji.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments